Inovasi Teknologi Informasi untuk Efisiensi dan Akuntabilitas Manajemen Pendidikan di MI Al-Aziziyah Pacet

Authors

  • Tiara Apriliani PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Rhifa Rahmadani PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Mira Sofyani PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i2.3824

Keywords:

manajemen pendidikan, inovasi TIK, efisiensi, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dampaknya terhadap efisiensi manajemen, serta tantangan dan strategi keberlanjutan implementasinya di MI Al-Aziziyah Pacet. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK telah diintegrasikan secara signifikan dalam administrasi akademik dan non-akademik, melalui sistem seperti Dapodik, e-Rapor, ARKAS, dan sistem kehadiran digital. Inovasi ini terbukti meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat proses pengambilan keputusan, dan memperkuat akuntabilitas publik. Namun, tantangan seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan infrastruktur, dan keberlanjutan pendanaan masih menjadi kendala utama. MI Al-Aziziyah menerapkan strategi mitigasi berupa pelatihan internal, penyusunan SOP, dan kemitraan pendanaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi TIK yang berhasil memerlukan sinergi antara kesiapan teknologi, kapasitas sumber daya manusia, dan kebijakan kelembagaan. Temuan ini relevan untuk madrasah dan sekolah dasar yang ingin membangun tata kelola pendidikan yang adaptif terhadap era digital.

References

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Drucker, P. F. (2007). The effective executive: The definitive guide to getting the right things done. HarperBusiness.

Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., Anwar, S., & Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1265/1/012004

Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2002). A new wave of evidence: The impact of school, family, and community connections on student achievement. Southwest Educational Development Laboratory.

Mulyono, H. (2020). Digitalisasi pengelolaan keuangan sekolah: Studi implementasi ARKAS dalam penguatan akuntabilitas dana BOS. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 89–101.

Mustofa, A. (2023). Otomatisasi penilaian sebagai strategi efisiensi administrasi pendidikan dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 44–57.

OECD. (2003). The e-government imperative. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264101197-en

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2003). The e-government imperative. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264101197-en

Prasetyo, Y. T., & Sutopo, W. (2018). Peran teknologi informasi dalam era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 6(2), 112–121.

Putri, R. D., & Sanjaya, R. (2022). Sistem informasi manajemen aset berbasis web di sekolah dasar: Studi kasus di SD Negeri Karangrejo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 103–116.

Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734

Suryadi, A., & Haryati, L. (2020). Manajemen pendidikan berbasis teknologi informasi di era digital: Studi kasus pada sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 25–34.

Tilaar, H. A. R. (2009). Standarisasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.