Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kompetensi Abad 21 dalam Pembelajaran PGMI di Era Digital

Authors

  • Nur Ilma Amalia PGMI Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Sari Rabiah Mutmainnah PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ilma Nurmisa PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i2.3821

Keywords:

Merdeka Belajar, Pembelajaran Abad 21, PGMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dan kompetensi abad 21 dalam pembelajaran pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Penelitian dilakukan menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Sumber data utama diperoleh dari jurnal nasional dan internasional terindeks, buku ilmiah, serta regulasi pendidikan terkait kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui pendekatan berbasis proyek dan diferensiasi. Sementara itu, kompetensi abad 21—meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi—telah menjadi fondasi penting dalam pengembangan kurikulum PGMI. Integrasi antara keduanya menghasilkan peningkatan literasi teknologi, inovasi pedagogis, serta penguatan karakter mahasiswa. Namun, ditemukan pula beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman konseptual mahasiswa terhadap profil pelajar Pancasila dan keterbatasan praktik pengajaran kolaboratif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan kurikulum dan pedagogi abad 21 secara berkelanjutan di lingkungan PGMI. Temuan ini diharapkan menjadi referensi strategis dalam penguatan kurikulum pendidikan dasar berbasis kompetensi dan karakter.

References

Abidin, Y. (2018). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Anggraini, L., & Suryani, N. (2020). Analisis kompetensi abad 21 pada mahasiswa pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 121–132.

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: Higher education in the age of artificial intelligence. MIT Press.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140.

GTK. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar. Kemendikbud RI.

Hadiapurwa, R., Riani, Y., Yulianti, S., & Yuningsih, E. (2021). Implementasi kebijakan Merdeka Belajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 201–215.

Handayani, A., & Wulandari, D. (2021). Digital learning readiness for elementary school teachers in the 21st century. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 145–159.

Kemendikbudristek. (2020). Panduan implementasi kurikulum merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kemendikbudristek. (2023). Laporan transformasi digital sekolah Indonesia. Jakarta: Kemendikbudristek.

Nuryani, A., Abidin, Z., & Herlambang, D. W. (2020). Penguatan kompetensi pedagogik abad 21 melalui microteaching berbasis teknologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 77–88.

Nuryani, S., Abidin, Y., & Herlambang, S. (2019). Pendidikan Kritis di Era Digital. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosnaeni, R. (2021). Ciri dan keunikan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 55–64.

Rosnaeni. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran abad ke-21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 33–45.

Schleicher, A. (2018). World class: How to build a 21st-century school system. OECD Publishing.

Setiawan, M. R., Hidayat, D. N., & Nurfadilah, D. (2021). Strategi manajemen pendidikan karakter berbasis kolaborasi sekolah dan orang tua. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 121–134.

Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.

Wibowo, S., & Rahmawati, R. (2020). Efektivitas program parenting dalam membentuk karakter anak di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 30–40. https://doi.org/10.21009/jpa.091.03

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Merdeka Belajar policy implementation: Challenges and opportunities. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(4), 278–291.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan, 1(1), 263–278.

Downloads

Published

2024-12-20

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.