Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kompetensi Abad 21 dalam Pembelajaran PGMI di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i2.3821Keywords:
Merdeka Belajar, Pembelajaran Abad 21, PGMIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dan kompetensi abad 21 dalam pembelajaran pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Penelitian dilakukan menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Sumber data utama diperoleh dari jurnal nasional dan internasional terindeks, buku ilmiah, serta regulasi pendidikan terkait kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui pendekatan berbasis proyek dan diferensiasi. Sementara itu, kompetensi abad 21—meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi—telah menjadi fondasi penting dalam pengembangan kurikulum PGMI. Integrasi antara keduanya menghasilkan peningkatan literasi teknologi, inovasi pedagogis, serta penguatan karakter mahasiswa. Namun, ditemukan pula beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman konseptual mahasiswa terhadap profil pelajar Pancasila dan keterbatasan praktik pengajaran kolaboratif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan kurikulum dan pedagogi abad 21 secara berkelanjutan di lingkungan PGMI. Temuan ini diharapkan menjadi referensi strategis dalam penguatan kurikulum pendidikan dasar berbasis kompetensi dan karakter.
References
Abidin, Y. (2018). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Anggraini, L., & Suryani, N. (2020). Analisis kompetensi abad 21 pada mahasiswa pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 121–132.
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886
Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: Higher education in the age of artificial intelligence. MIT Press.
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140.
GTK. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar. Kemendikbud RI.
Hadiapurwa, R., Riani, Y., Yulianti, S., & Yuningsih, E. (2021). Implementasi kebijakan Merdeka Belajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 201–215.
Handayani, A., & Wulandari, D. (2021). Digital learning readiness for elementary school teachers in the 21st century. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 145–159.
Kemendikbudristek. (2020). Panduan implementasi kurikulum merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan transformasi digital sekolah Indonesia. Jakarta: Kemendikbudristek.
Nuryani, A., Abidin, Z., & Herlambang, D. W. (2020). Penguatan kompetensi pedagogik abad 21 melalui microteaching berbasis teknologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 77–88.
Nuryani, S., Abidin, Y., & Herlambang, S. (2019). Pendidikan Kritis di Era Digital. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosnaeni, R. (2021). Ciri dan keunikan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 55–64.
Rosnaeni. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran abad ke-21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 33–45.
Schleicher, A. (2018). World class: How to build a 21st-century school system. OECD Publishing.
Setiawan, M. R., Hidayat, D. N., & Nurfadilah, D. (2021). Strategi manajemen pendidikan karakter berbasis kolaborasi sekolah dan orang tua. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 121–134.
Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.
Wibowo, S., & Rahmawati, R. (2020). Efektivitas program parenting dalam membentuk karakter anak di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 30–40. https://doi.org/10.21009/jpa.091.03
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Merdeka Belajar policy implementation: Challenges and opportunities. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(4), 278–291.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Pendidikan, 1(1), 263–278.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.







