Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Bandung

Authors

  • Bintang Saema Gunawan PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Sella Cahyani PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i1.3806

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sangat krusial, namun sering terkendala oleh metode konvensional dan keterbatasan inovasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Nurul Iman Bandung, dengan berfokus pada motivasi guru, iklim sekolah, dan budaya mutu. Metode: Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan kepala madrasah, guru, dan staf. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara induktif. Kepemimpinan transformasional kepala madrasah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi guru, menciptakan iklim belajar yang kolaboratif, dan membangun budaya mutu yang berkelanjutan. Gaya kepemimpinan ini memediasi dampak positif pada mutu pembelajaran, didukung oleh komunitas pembelajaran profesional (KPP). Kepemimpinan transformasional adalah kunci utama peningkatan mutu di MI. Pendekatan ini tidak hanya menggerakkan perubahan dari atas, tetapi juga memberdayakan seluruh elemen sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang holistik, selaras dengan tuntutan Kurikulum Merdeka dan transformasi digital.

 

References

yun, U. Q., Sulisworo, D., & Maryani, I. (2024). Transformational school leadership in Indonesia: A qualitative analysis. International Journal of Education and Learning, 6(3), 1814. https://doi.org/10.31763/ijele.v6i3.1814

Alifta, Z., Setyaningrum, V. A., & Triyono, T. I. (2024). Implementasi model pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pendekar Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(3), 25465. https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25465

Amrulloh, R. N., & Ahmadi, A. (2022). Mutu layanan pendidikan madrasah (Penelitian Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 1 Ponorogo). Excelencia Journal of Islamic Education & Management, 2(2), 1210. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1210

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Firmansyah, F., Erda, G., & Khurniawan, A. W. (2024). The impact of digital transformation and leadership on organizational resilience in distance education institution: Higher-order Sem approach. Turkish Online Journal of Distance Education, 25(2), 17718. https://doi.org/10.17718/tojde.1260433

Hamdi, L., Sudadi, S., & Ramdhan, T. W. (2024). Clinical supervision as a professional development strategy: Improving the teaching quality of Madrasah Intidaiyah. Journal of Education Research, 5(4), 1764. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1764

Handayani, W. T., Hidayat, S., & Elan, E. (2025). Transformational leadership of school principals as a catalyst for digital learning implementation in primary schools. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 4(3), 1826. https://doi.org/10.56916/jirpe.v4i3.1826

Hidayat, R., Patras, Y. E., Marini, A., Sarifah, I., & Nurjannah, N. (2023). Improving teacher’s job satisfaction through principal transformational leadership and organizational justice. JMKSP (Jurnal Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan), 8(1), 9080. https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.9080

Jasni, J., Sharip, S. M., & Daud, D. (2024). Uncovering the significance of transformational leadership in Islamic-based institutions: A systematic exploration. Information Management and Business Review, 16(1), 3677. https://doi.org/10.22610/imbr.v16i1(i).3677

Mastur, M., Soim, S., Haryanti, N., & Gufron, M. (2022). The influence of transformational leadership and organizational culture on job satisfaction and organizational citizenship behavior (OCB) in Islamic educational institutions. Al-Tanzim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 3431. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3431

Muhidin, U., Mulyasa, M., & Fathurrohman, A. (2021). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pendidikan Aqidah Akhlak di MI (Studi kasus pada kelas V MI Panamur Kersamanah Kabupaten Garut). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1(2), 5137. https://doi.org/10.31602/jmpd.v1i2.5137

Murti, R., & Sabarudin, S. (2023). Implementasi kepemimpinan transformasional sebagai upaya peningkatan kualitas Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 1221. https://doi.org/10.28918/ijiee.v3i2.1221

Nur, K. (2024). Study tokoh kepemimpinan Prof. Dr. Mahmud Yunus pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Al-Qalam Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 16(2), 3089. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i2.3089

Pirmansyah. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu belajar siswa (Penelitian di MTs. Miftahul Ulum dan MTs. Darul Fitri Leles). Khazanah Akademia, 6(1), 86. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i01.86

Putri, A., Rustan, S., & Akbar, A. (2025). Transformational leadership practices of school principals in developing a quality culture in remote junior high schools. International Journal of Asian Education, 6(2), 493. https://doi.org/10.46966/ijae.v6i2.493

Putro, H. C., Akhyak, A., & Sujianto, A. E. (2023). Transformational leadership: A strategy for building the image of elementary education institutions. International Journal of Educational Studies in Social Sciences (Ijesss), 3(2), 306. https://doi.org/10.53402/ijesss.v3i2.306

Rachmatsyah, T. H., & Franky, F. (2024). The analysis of partial effect and organizational culture moderation, transformational leadership, and local culture, toward private higher education organization changes. Journal of Law and Sustainable Development, 12(2), 2640. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i2.2640

Ramezani, G., Bigdeli, S., Zarezadeh, Y., & Sohrabi, Z. (2022). Identification of change leadership dimensions and components in medical science education to move toward the third-generation universities. Journal of Education and Health Promotion, 11. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_1097_21

Restiani, B., Hariri, H., & Rini, R. (2024). The effect of principal transformational leadership on teacher job satisfaction: A literature review. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 12(2), 77007. https://doi.org/10.21831/jamp.v12i2.77007

Sari, I. S., Izzah Hazwani, F. B., & Nurilah, M. (2019). A strategi kepala seksi pendidikan madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah pada era pandemi di Kota Mojokerto. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(2), 153–169. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.2.153-169

Siregar, A. R., Siregar, J. M., Ramadhani, N., Matondang, N. H., Rahman, A., & Setiawan, D. (2024). Exploration of the principal's transformational leadership style in increasing teacher motivation. Didaktika Jurnal Kependidikan, 4(2), 708. https://doi.org/10.58230/27454312.708

Sudirman. (2024). Urgensi kepemimpinan kepala madrasah dalam menata pendidikan berkualitas. PLT, 2(2), 50. https://doi.org/10.69839/pelita.v2i2.50

Suherman, U., Cipta, E. S., Anwar, S., Kadir, W. A., Fakhrurrozi, M. F., Namira, S. H., & Halimatussadiyah, W. (2025). Implementing a Kindness-Based Leadership Strategy in Islamic Elementary Education. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 281–292. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v6i1.1384

Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734

Suprapto, R. I. T., Hariyati, N., Dewi, U., Khamidi, A., & Amalia, K. (2024). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pendidikan multikultural. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 3334. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3334

Susanto, T. T., Sari, E., Febriana, A. P., Amandha, M. D., Milala, R. R., & Syupriadin, S. (2024). Implementation of improving the quality of education in elementary schools through transformational leadership. International Journal of Social Science and Human Research, 7(12), 19. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i12-19

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354

Wahyudi, D., Kamila, C. A., & Agustin, S. W. (2021). Peran kepemimpinan dalam pengembangan mutu pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 334. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.334

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.