Model Project-Based Learning untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Studi Literatur

Authors

  • Uznurhadi Fadli PGMI Universitas Islam Nusantara BAndung, Indonesia
  • Riri Husnul Lutfiah PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Egi Ginanjar PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i1.3807

Keywords:

Project-Based Learning, Madrasah Ibtidaiyah, Berpikir Kritis dan Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis tematik terhadap artikel-artikel terpublikasi nasional dan internasional antara tahun 2020–2025 yang relevan dengan konteks MI, Kurikulum Merdeka, dan kompetensi abad ke-21. Hasil sintesis menunjukkan bahwa PjBL secara konsisten berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis, seperti analisis bukti, penalaran logis, dan penyusunan argumen, serta keterampilan berpikir kreatif melalui eksplorasi ide, desain produk, dan pemecahan masalah inovatif. Dampak positif ini diperkuat oleh desain proyek yang autentik, penilaian berbasis produk, dan dukungan guru sebagai fasilitator. Namun, implementasi PjBL di MI menghadapi hambatan seperti keterbatasan pelatihan guru, infrastruktur digital, dan kesiapan kurikulum. Studi ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai keagamaan, literasi digital, dan budaya lokal dalam desain PjBL agar lebih kontekstual dan berkelanjutan.

References

Alifta, Z., Setyaningrum, V. A., & Triyono, T. I. (2024). Implementasi model pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an pada siswa madrasah ibtidaiyah. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(3). https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25465

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Darussalamah, S., & Wijayanti, J. (2024). Penerapan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran mengonstruksi teks biografi. Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4145

Dewi, N. P. L., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat pembelajaran pendekatan STEAM-PJBL pada tema 2 selalu berhemat energi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta analysis: Efektivitas penggunaan metode project based learning dalam pendidikan vokasi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408

Hasanah, F. (2025). Model pembelajaran Al-Qur'an yang efektif di madrasah ibtidaiyah: Sebuah kajian pustaka. Bunayya, 4(4). https://doi.org/10.61082/bunayya.v4i4.572

Hermansyah, D., Ali, M., & Aqodiah, A. (2025). Peningkatan kreativitas siswa melalui strategi pembelajaran berbasis proyek di madrasah ibtidaiyah. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.52166/talim.v8i1.8249

Hulkin, M., & Santosa, S. (2023). Integration of information technology in the transformation of religious education: Fostering learning quality in elementary Islamic schools. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 7(1). https://doi.org/10.14421/skijier.2023.71.02

Hulu, M. S., Lase, B. P., Harefa, H. O. N., & Lase, F. (2024). Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan civic skill siswa pada mata pelajaran PPKn. Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5871

Husna, R. H., & Pritasari, A. C. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Jmlipare, 3(1). https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8978

Indrianto, N., & Sya’diyah, H. (2020). Pengembangan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik pada kelas III di madrasah ibtidaiyah negeri 5 Jember. Educare Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.13

Jayadiningrat, M. G., Widiana, I. W., Ariani, N. W. T., & Widiani, N. K. (2022). Model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.50268

Jumadi, J., & Musnandar, A. (2022). Taktik penguatan pendidikan karakter berbasis value clarification technique dalam membentuk kecerdasan sosial siswa. Risâlah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(3). https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.297

Komara, E., Berliana, B., Firman, M., & Gunawan, U. (2023). Implementation of project-based learning model to improve students' critical thinking skills. Economic Education Analysis Journal, 12(3). https://doi.org/10.15294/eeaj.v12i3.75919

Kurniawati, W. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar tematik dengan penerapan model pembelajaran integrated kelas V MI Tarbiyatul Huda. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v1i1.1887

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan hasil belajar mahasiswa PGSD menggunakan model inkuiri dan project based learning (PJBL) pada matakuliah pendidikan kewarganegaraan sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(1). https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p043

Mas, R. B., Nasution, N., & Familawati, Z. S. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 1 Rengel Kabupaten Tuban pada materi proses masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(3). https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.907

Mendrofa, R. N., Fauzi, K. M. A., & Sitompul, P. (2024). Eksplorasi keterkaitan antara kearifan lokal dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1693

Muntamah, B. S., & Fardana, N. A. (2024). Menumbuhkan kreativitas dengan model pembelajaran: Tinjauan pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 46–58. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p46-58

Suherman, U., Cipta, E. S., Anwar, S., Kadir, W. A., Fakhrurrozi, M. F., Namira, S. H., & Halimatussadiyah, W. (2025). Implementing a Kindness-Based Leadership Strategy in Islamic Elementary Education. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 281–292. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v6i1.1384

Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354

Wahyudi, D., Kamila, C. A., & Agustin, S. W. (2021). Peran kepemimpinan dalam pengembangan mutu pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 334. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.334

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.