Model Project-Based Learning untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i1.3807Keywords:
Project-Based Learning, Madrasah Ibtidaiyah, Berpikir Kritis dan KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis tematik terhadap artikel-artikel terpublikasi nasional dan internasional antara tahun 2020–2025 yang relevan dengan konteks MI, Kurikulum Merdeka, dan kompetensi abad ke-21. Hasil sintesis menunjukkan bahwa PjBL secara konsisten berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis, seperti analisis bukti, penalaran logis, dan penyusunan argumen, serta keterampilan berpikir kreatif melalui eksplorasi ide, desain produk, dan pemecahan masalah inovatif. Dampak positif ini diperkuat oleh desain proyek yang autentik, penilaian berbasis produk, dan dukungan guru sebagai fasilitator. Namun, implementasi PjBL di MI menghadapi hambatan seperti keterbatasan pelatihan guru, infrastruktur digital, dan kesiapan kurikulum. Studi ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai keagamaan, literasi digital, dan budaya lokal dalam desain PjBL agar lebih kontekstual dan berkelanjutan.
References
Alifta, Z., Setyaningrum, V. A., & Triyono, T. I. (2024). Implementasi model pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an pada siswa madrasah ibtidaiyah. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(3). https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.25465
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927
Darussalamah, S., & Wijayanti, J. (2024). Penerapan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran mengonstruksi teks biografi. Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4145
Dewi, N. P. L., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat pembelajaran pendekatan STEAM-PJBL pada tema 2 selalu berhemat energi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725
Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta analysis: Efektivitas penggunaan metode project based learning dalam pendidikan vokasi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408
Hasanah, F. (2025). Model pembelajaran Al-Qur'an yang efektif di madrasah ibtidaiyah: Sebuah kajian pustaka. Bunayya, 4(4). https://doi.org/10.61082/bunayya.v4i4.572
Hermansyah, D., Ali, M., & Aqodiah, A. (2025). Peningkatan kreativitas siswa melalui strategi pembelajaran berbasis proyek di madrasah ibtidaiyah. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.52166/talim.v8i1.8249
Hulkin, M., & Santosa, S. (2023). Integration of information technology in the transformation of religious education: Fostering learning quality in elementary Islamic schools. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 7(1). https://doi.org/10.14421/skijier.2023.71.02
Hulu, M. S., Lase, B. P., Harefa, H. O. N., & Lase, F. (2024). Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan civic skill siswa pada mata pelajaran PPKn. Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5871
Husna, R. H., & Pritasari, A. C. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Jmlipare, 3(1). https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8978
Indrianto, N., & Sya’diyah, H. (2020). Pengembangan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik pada kelas III di madrasah ibtidaiyah negeri 5 Jember. Educare Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.13
Jayadiningrat, M. G., Widiana, I. W., Ariani, N. W. T., & Widiani, N. K. (2022). Model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.50268
Jumadi, J., & Musnandar, A. (2022). Taktik penguatan pendidikan karakter berbasis value clarification technique dalam membentuk kecerdasan sosial siswa. Risâlah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(3). https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.297
Komara, E., Berliana, B., Firman, M., & Gunawan, U. (2023). Implementation of project-based learning model to improve students' critical thinking skills. Economic Education Analysis Journal, 12(3). https://doi.org/10.15294/eeaj.v12i3.75919
Kurniawati, W. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar tematik dengan penerapan model pembelajaran integrated kelas V MI Tarbiyatul Huda. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v1i1.1887
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan hasil belajar mahasiswa PGSD menggunakan model inkuiri dan project based learning (PJBL) pada matakuliah pendidikan kewarganegaraan sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(1). https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p043
Mas, R. B., Nasution, N., & Familawati, Z. S. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 1 Rengel Kabupaten Tuban pada materi proses masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(3). https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.907
Mendrofa, R. N., Fauzi, K. M. A., & Sitompul, P. (2024). Eksplorasi keterkaitan antara kearifan lokal dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1693
Muntamah, B. S., & Fardana, N. A. (2024). Menumbuhkan kreativitas dengan model pembelajaran: Tinjauan pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 46–58. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p46-58
Suherman, U., Cipta, E. S., Anwar, S., Kadir, W. A., Fakhrurrozi, M. F., Namira, S. H., & Halimatussadiyah, W. (2025). Implementing a Kindness-Based Leadership Strategy in Islamic Elementary Education. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 281–292. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v6i1.1384
Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354
Wahyudi, D., Kamila, C. A., & Agustin, S. W. (2021). Peran kepemimpinan dalam pengembangan mutu pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 334. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.334
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.







