Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Tantangan Produktivitas Lingkungan Kerja di MIN 8 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v3i1.3793Keywords:
kepemimpinan madrasah, iklim kerja, produktivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk lingkungan kerja yang produktif di MIN 8 Bandar Lampung. Pendekatan kuantitatif dengan desain survei korelasional digunakan untuk menelusuri hubungan antara kepemimpinan, iklim kerja, dan produktivitas lingkungan kerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam terhadap kepala madrasah, guru, dan staf administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang transformasional dan inklusif berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan iklim organisasi yang terbuka, kolaboratif, dan suportif. Iklim kerja yang positif terbukti memediasi hubungan antara kepemimpinan dan kinerja guru, sedangkan praktik kepemimpinan seperti manajemen beban kerja, pelatihan profesional, dan insentif non-finansial meningkatkan produktivitas lingkungan kerja. Studi ini menegaskan bahwa kepala madrasah berperan strategis dalam menciptakan budaya kerja produktif melalui kepemimpinan yang adaptif dan kontekstual.
References
Adnan, M. (2023). Kepemimpinan kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen berbasis madrasah di MTsN 1 Kota Bima tahun ajaran 2020–2021. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.58218/literasi.v2i3.765
Agustino, M. R., Astuti, S., & Hartawan, D. (2021). Hubungan iklim organisasi, pelatihan dan kompensasi dengan kepuasan kerja pegawai. Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 3(2). https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.210
Alfiyah, S., Indarto, I., & Budiati, Y. (2023). Pengaruh sarana prasarana dan iklim kerja terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6774
Anggraini, A., & Saleh, M. (2022). Analisis pengetahuan kepala madrasah tentang sistem informasi dan iklim kerja untuk membentuk efektivitas kepemimpinan di MTS Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah. Education Achievement Journal of Science and Research, 3(3). https://doi.org/10.51178/jsr.v3i3.953
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886
Asmarani, A., Fadhil, M., & Gede Putra, I. K. (2022). Pengaruh iklim organisasi dan motivasi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Journal of Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.56436/jer.v1i2.46
Buchori, U., Ma’mur, I., & Muhtarom, A. (2024). Peran penting kepemimpinan transformasional dalam proses pengembangan madrasah. Journal Evaluasi, 1(1). https://doi.org/10.32478/g75xeq47
Dewi, R. S., Kusmawan, D., & Sari, R. E. (2024). Hubungan karakteristik pekerja dan iklim keselamatan kerja dengan perilaku tidak aman pekerja operasional PT. Bintan Resort Cakrawala. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 8(2). https://doi.org/10.21111/jihoh.v8i2.8178
Dwi Angga, I. M., & Ngurah Wiyasa, I. K. (2021). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32309
Erap, I. E. Z. A., Fanggidae, R. E., Maak, C. S., & Fanggidae, R. P. C. (2024). Pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja pada pegawai Rutan Kelas II B Soe. Glory, 5(1). https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12781
Gulo, E. S., Waruwu, M. H., Mendrofa, S. A., & Lase, H. (2024). Peran program insentif non-finansial dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif di Bank BNI Gunungsitoli. Jurnal EMT Kita, 8(4). https://doi.org/10.35870/emt.v8i4.3163
Hijrat, K., & Bahrudin, A. (2022). Kinerja kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru di MI Pemimpin Rumah Qur’an Hidayatullah Kelapa Lima Kota Kupang. JIP, 7(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.690
Holan, S., & Connie, C. (2021). Korelasi disiplin guru dan reward guru terhadap prestasi kerja guru madrasah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(2). https://doi.org/10.33369/mapen.v15i2.17267
HS, S., & Hadziq, A. (2022). Pengaruh manajemen sarana prasarana madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Academia: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.78
Idrus, S. (2022). Kepemimpinan dalam mengembangkan religious culture di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Palapa, 10(2). https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2288
Ismail, I., Salsabilla, D. N., Ramadhani, D. A., Aprilianti, R., Diana, S., & Fazira, N. I. (2025). Peran human relation dalam mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif di SMA Negeri 1 Aek Loba. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 5(2). https://doi.org/10.51178/jpspr.v5i2.2686
Kurniati, W. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di Yayasan Nurul Islam Lubuk Gaung. Jurnal Tadzakkur, 1(1). https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.21
Malik, M. S., Rahma, T. H., & Utami, V. A. (2021). Analysis of the effective leadership style of madrasa heads in the 21st century. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 13(1), 1–19. https://doi.org/10.18326/mdr.v13i1.1-19
Nasrin, N. (2023). Koordinasi pengawas dan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi kerja guru MIN 8 Aceh Tenggara. Edu Society: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.56832/edu.v1i1.28
Nurhidayati, I., Sudirman, S., Sutrisni, S., & Harjoko, H. (2023). Pengaruh (pra)sarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung. Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.24127/poace.v3i1.2236
Pahrizal, & Ermalis. (2022). Pentingnya pemahaman manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas lulusan madrasah di lingkungan kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci. Edu Research, 3(2). https://doi.org/10.47827/jer.v3i2.79
Pranata, I., & Mudiartha Utama, I. W. (2018). Pengaruh iklim organisasi terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p19
Rahmawati Rahman, B. N., Citriadin, Y., & Fuadi, A. (2023). Pengaruh manajerial kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kompetensi kepribadian guru MTs Nurussalam Reak Kecamatan Pujut. Palapa, 11(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3078
Rini, Q. K., & Sidhiq, A. (2020). Iklim organisasi sekolah, semangat kerja, dan kualitas kehidupan kerja pada guru. Jurnal Psikologi, 13(1). https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i1.2938
Rohman, M., Sutisna, U., & Sahroni, M. (2022). The leadership strategy of principal of madrasah about insemination of socio-culture value in madrasah. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.47
Saifullah, A., Maunah, B., Patoni, A., & Saputra, P. R. (2023). Dimensions of transformational leadership in improving the competitiveness of Islamic education institutions. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 21(2). https://doi.org/10.21154/cendekia.v21i2.6702
Siregar, Z. (2023). Principal leadership styles in improving the quality of education in Lhokseumawe Aceh Indonesia. Human Resource Management and Services, 5(1). https://doi.org/10.18282/hrms.v5i1.3340
Sitorus, T., Mandagi, M., & Mantiri, J. (2021). Pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja PNS di Kantor Bupati Minahasa. Jurnal Administro, 3(1). https://doi.org/10.53682/administro.v3i1.2056
Sonia, N. R. (2024). Peran kepala madrasah sebagai leader supervisor motivator si MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(2). https://doi.org/10.21154/excelencia.v4i02.3674
Sugiharto, D., Purwadhi, P., & Handayani, N. (2024). Kontribusi beban kerja, stres kerja dan iklim kerja terhadap kinerja perawat di RS Bhakti Asih Brebes. Ekoma: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.6230
Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734
Susanti, S., Istan, M., Kusen, K., Hamengkubuwono, H., & Warlizasusi, J. (2024). Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nur Riska Kota Lubuklinggau. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3). https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3123
Tenaya, I. G. I., & Suwandana, I. M. (2018). Pengaruh iklim psikologis terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior di PT. Sarana Tani Pratama. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p11
Walean, R., & Koyongian, Y. (2022). Analisis gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116867
Wicaksono, H. P., Lestantyo, D., & Setyaningsih, Y. (2024). Kelelahan yang terjadi pada pekerja konstruksi. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(5). https://doi.org/10.56338/mppki.v7i5.5143
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.







