Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Tantangan Produktivitas Lingkungan Kerja di MIN 8 Bandar Lampung

Authors

  • Lina Fahratun Nisa Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ahmad Rozikin Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v3i1.3793

Keywords:

kepemimpinan madrasah, iklim kerja, produktivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk lingkungan kerja yang produktif di MIN 8 Bandar Lampung. Pendekatan kuantitatif dengan desain survei korelasional digunakan untuk menelusuri hubungan antara kepemimpinan, iklim kerja, dan produktivitas lingkungan kerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam terhadap kepala madrasah, guru, dan staf administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang transformasional dan inklusif berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan iklim organisasi yang terbuka, kolaboratif, dan suportif. Iklim kerja yang positif terbukti memediasi hubungan antara kepemimpinan dan kinerja guru, sedangkan praktik kepemimpinan seperti manajemen beban kerja, pelatihan profesional, dan insentif non-finansial meningkatkan produktivitas lingkungan kerja. Studi ini menegaskan bahwa kepala madrasah berperan strategis dalam menciptakan budaya kerja produktif melalui kepemimpinan yang adaptif dan kontekstual.

 

References

Adnan, M. (2023). Kepemimpinan kepala madrasah dalam pelaksanaan manajemen berbasis madrasah di MTsN 1 Kota Bima tahun ajaran 2020–2021. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.58218/literasi.v2i3.765

Agustino, M. R., Astuti, S., & Hartawan, D. (2021). Hubungan iklim organisasi, pelatihan dan kompensasi dengan kepuasan kerja pegawai. Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 3(2). https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.210

Alfiyah, S., Indarto, I., & Budiati, Y. (2023). Pengaruh sarana prasarana dan iklim kerja terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.6774

Anggraini, A., & Saleh, M. (2022). Analisis pengetahuan kepala madrasah tentang sistem informasi dan iklim kerja untuk membentuk efektivitas kepemimpinan di MTS Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah. Education Achievement Journal of Science and Research, 3(3). https://doi.org/10.51178/jsr.v3i3.953

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Asmarani, A., Fadhil, M., & Gede Putra, I. K. (2022). Pengaruh iklim organisasi dan motivasi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Journal of Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.56436/jer.v1i2.46

Buchori, U., Ma’mur, I., & Muhtarom, A. (2024). Peran penting kepemimpinan transformasional dalam proses pengembangan madrasah. Journal Evaluasi, 1(1). https://doi.org/10.32478/g75xeq47

Dewi, R. S., Kusmawan, D., & Sari, R. E. (2024). Hubungan karakteristik pekerja dan iklim keselamatan kerja dengan perilaku tidak aman pekerja operasional PT. Bintan Resort Cakrawala. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 8(2). https://doi.org/10.21111/jihoh.v8i2.8178

Dwi Angga, I. M., & Ngurah Wiyasa, I. K. (2021). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32309

Erap, I. E. Z. A., Fanggidae, R. E., Maak, C. S., & Fanggidae, R. P. C. (2024). Pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja pada pegawai Rutan Kelas II B Soe. Glory, 5(1). https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12781

Gulo, E. S., Waruwu, M. H., Mendrofa, S. A., & Lase, H. (2024). Peran program insentif non-finansial dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif di Bank BNI Gunungsitoli. Jurnal EMT Kita, 8(4). https://doi.org/10.35870/emt.v8i4.3163

Hijrat, K., & Bahrudin, A. (2022). Kinerja kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru di MI Pemimpin Rumah Qur’an Hidayatullah Kelapa Lima Kota Kupang. JIP, 7(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.690

Holan, S., & Connie, C. (2021). Korelasi disiplin guru dan reward guru terhadap prestasi kerja guru madrasah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(2). https://doi.org/10.33369/mapen.v15i2.17267

HS, S., & Hadziq, A. (2022). Pengaruh manajemen sarana prasarana madrasah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Academia: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.54622/academia.v4i2.78

Idrus, S. (2022). Kepemimpinan dalam mengembangkan religious culture di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Palapa, 10(2). https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2288

Ismail, I., Salsabilla, D. N., Ramadhani, D. A., Aprilianti, R., Diana, S., & Fazira, N. I. (2025). Peran human relation dalam mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif di SMA Negeri 1 Aek Loba. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 5(2). https://doi.org/10.51178/jpspr.v5i2.2686

Kurniati, W. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di Yayasan Nurul Islam Lubuk Gaung. Jurnal Tadzakkur, 1(1). https://doi.org/10.57113/taz.v1i1.21

Malik, M. S., Rahma, T. H., & Utami, V. A. (2021). Analysis of the effective leadership style of madrasa heads in the 21st century. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 13(1), 1–19. https://doi.org/10.18326/mdr.v13i1.1-19

Nasrin, N. (2023). Koordinasi pengawas dan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi kerja guru MIN 8 Aceh Tenggara. Edu Society: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.56832/edu.v1i1.28

Nurhidayati, I., Sudirman, S., Sutrisni, S., & Harjoko, H. (2023). Pengaruh (pra)sarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung. Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.24127/poace.v3i1.2236

Pahrizal, & Ermalis. (2022). Pentingnya pemahaman manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas lulusan madrasah di lingkungan kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci. Edu Research, 3(2). https://doi.org/10.47827/jer.v3i2.79

Pranata, I., & Mudiartha Utama, I. W. (2018). Pengaruh iklim organisasi terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p19

Rahmawati Rahman, B. N., Citriadin, Y., & Fuadi, A. (2023). Pengaruh manajerial kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kompetensi kepribadian guru MTs Nurussalam Reak Kecamatan Pujut. Palapa, 11(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3078

Rini, Q. K., & Sidhiq, A. (2020). Iklim organisasi sekolah, semangat kerja, dan kualitas kehidupan kerja pada guru. Jurnal Psikologi, 13(1). https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i1.2938

Rohman, M., Sutisna, U., & Sahroni, M. (2022). The leadership strategy of principal of madrasah about insemination of socio-culture value in madrasah. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.47

Saifullah, A., Maunah, B., Patoni, A., & Saputra, P. R. (2023). Dimensions of transformational leadership in improving the competitiveness of Islamic education institutions. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 21(2). https://doi.org/10.21154/cendekia.v21i2.6702

Siregar, Z. (2023). Principal leadership styles in improving the quality of education in Lhokseumawe Aceh Indonesia. Human Resource Management and Services, 5(1). https://doi.org/10.18282/hrms.v5i1.3340

Sitorus, T., Mandagi, M., & Mantiri, J. (2021). Pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja PNS di Kantor Bupati Minahasa. Jurnal Administro, 3(1). https://doi.org/10.53682/administro.v3i1.2056

Sonia, N. R. (2024). Peran kepala madrasah sebagai leader supervisor motivator si MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 4(2). https://doi.org/10.21154/excelencia.v4i02.3674

Sugiharto, D., Purwadhi, P., & Handayani, N. (2024). Kontribusi beban kerja, stres kerja dan iklim kerja terhadap kinerja perawat di RS Bhakti Asih Brebes. Ekoma: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.6230

Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734

Susanti, S., Istan, M., Kusen, K., Hamengkubuwono, H., & Warlizasusi, J. (2024). Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nur Riska Kota Lubuklinggau. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3). https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3123

Tenaya, I. G. I., & Suwandana, I. M. (2018). Pengaruh iklim psikologis terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior di PT. Sarana Tani Pratama. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p11

Walean, R., & Koyongian, Y. (2022). Analisis gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116867

Wicaksono, H. P., Lestantyo, D., & Setyaningsih, Y. (2024). Kelelahan yang terjadi pada pekerja konstruksi. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(5). https://doi.org/10.56338/mppki.v7i5.5143

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.