Inovasi Teknologi Informasi untuk Efisiensi dan Akuntabilitas Manajemen Pendidikan di MI Al-Aziziyah Pacet
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i2.3824Keywords:
manajemen pendidikan, inovasi TIK, efisiensi, madrasah ibtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dampaknya terhadap efisiensi manajemen, serta tantangan dan strategi keberlanjutan implementasinya di MI Al-Aziziyah Pacet. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK telah diintegrasikan secara signifikan dalam administrasi akademik dan non-akademik, melalui sistem seperti Dapodik, e-Rapor, ARKAS, dan sistem kehadiran digital. Inovasi ini terbukti meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat proses pengambilan keputusan, dan memperkuat akuntabilitas publik. Namun, tantangan seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan infrastruktur, dan keberlanjutan pendanaan masih menjadi kendala utama. MI Al-Aziziyah menerapkan strategi mitigasi berupa pelatihan internal, penyusunan SOP, dan kemitraan pendanaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi TIK yang berhasil memerlukan sinergi antara kesiapan teknologi, kapasitas sumber daya manusia, dan kebijakan kelembagaan. Temuan ini relevan untuk madrasah dan sekolah dasar yang ingin membangun tata kelola pendidikan yang adaptif terhadap era digital.
References
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Drucker, P. F. (2007). The effective executive: The definitive guide to getting the right things done. HarperBusiness.
Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., Anwar, S., & Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1265/1/012004
Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2002). A new wave of evidence: The impact of school, family, and community connections on student achievement. Southwest Educational Development Laboratory.
Mulyono, H. (2020). Digitalisasi pengelolaan keuangan sekolah: Studi implementasi ARKAS dalam penguatan akuntabilitas dana BOS. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 89–101.
Mustofa, A. (2023). Otomatisasi penilaian sebagai strategi efisiensi administrasi pendidikan dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 44–57.
OECD. (2003). The e-government imperative. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264101197-en
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2003). The e-government imperative. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264101197-en
Prasetyo, Y. T., & Sutopo, W. (2018). Peran teknologi informasi dalam era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 6(2), 112–121.
Putri, R. D., & Sanjaya, R. (2022). Sistem informasi manajemen aset berbasis web di sekolah dasar: Studi kasus di SD Negeri Karangrejo. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 103–116.
Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734
Suryadi, A., & Haryati, L. (2020). Manajemen pendidikan berbasis teknologi informasi di era digital: Studi kasus pada sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 25–34.
Tilaar, H. A. R. (2009). Standarisasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.







