Evaluasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Merdeka dan Kearifan Lokal

Authors

  • Rida Laila Oktaviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i2.3820

Keywords:

Pendidikan karakter, evaluasi kontekstual, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model pendidikan karakter di SD Ma’arif Kadungora dengan mengkaji keterpaduan antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam konteks kebijakan nasional dan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain evaluasi pendidikan karakter telah mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan perilaku secara sistematis. Pelaksanaan program pendidikan karakter di sekolah dilakukan melalui pembelajaran lintas mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan berbasis budaya sekolah. Sekolah juga berhasil mengadaptasi kebijakan nasional seperti Penguatan Pendidikan Karakter dan Merdeka Belajar ke dalam praktik lokal dengan mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan budaya Sunda. Namun, penelitian ini juga menemukan keterbatasan dalam hal konsistensi implementasi antar guru, keterbatasan instrumen evaluasi, serta kesenjangan sumber daya. Penelitian ini menyarankan pengembangan model evaluasi karakter berbasis kontekstual yang dapat direplikasi dengan mempertimbangkan keunikan budaya lokal dan sinergi kebijakan pusat-daerah.

References

Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2023). Analisis implementasi pendidikan karakter siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1). https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762

Amelia, D. J. (2018). Evaluasi pembelajaran berbasis Islam Kemuhammadiyahan sebagai internalisasi penguatan pendidikan karakter siswa di SD Muhammadiyah Kota Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2506

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Ardansyah, A., & Rahmi, A. (2025). Implementasi penerapan kurikulum pendidikan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatusshibyan. Jurnal Terapung Ilmu - Ilmu Sosial, 7(1). https://doi.org/10.31602/jt.v7i1.18516

Aulia, N., Sihite, I. E., Septemberiyani, D., & Silvania, Z. (2023). Implementasi nilai-nilai wawasan nusantara dalam kurikulum pendidikan kewarganegaraan. Adv, 1(5). https://doi.org/10.46799/adv.v1i5.74

Budiarti, Y. (2019). Pendidikan karakter: Sebuah upaya kolektif. Jurnal Civic Education Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.910

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. Asanka Journal of Social Science and Education, 2(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Fidya, D., & Irman, I. (2024). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui manajemen bimbingan dan konseling Islam. Guiding World (Bimbingan dan Konseling), 7(1). https://doi.org/10.33627/gw.v7i1.1659

Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., Anwar, S., & Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1265/1/012004

Hasan, A. M. (2022). Penerapan blended learning berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar. Decode Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2). https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.41

Lubis, E. Z., & Karnati, N. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis kelas: Studi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Jurnal Intelektualita Keislaman Sosial dan Sains, 11(1). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10607

Marlina, S., Sari, Y. Y., & Syapurrohman, P. (2023). Evaluasi program mentoring secara daring dalam menunjang implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4723

Masruroh, S. (2023). Pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Hawari Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1). https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5342

Mayasari, A., Sopian, A., Ridwan, W., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.676

Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya di sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(1). https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803

Sabbardi, M., Sukma, D. P., & Rahman, H. (2024). Evaluasi penanaman karakter melalui kegiatan P5 di SMKN 1 Dukuhturi dengan model CIPP. Jurnal Genre (Bahasa Sastra dan Pembelajarannya), 6(2). https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.10822

Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734

Sumarto, S., Prihatiningrum, I. S., Zulfa, I., Fatimah, E., & Betari, A. (2023). Manajemen pendidikan karakter siswa di sekolah jenjang dasar. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.280

Teguh, M., Wardarita, R., & Puspita, Y. (2023). Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 4 Lempuing Jaya. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 13(2). https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i2.12980

Umiati, U., & Sufi, I. S. (2024). Implementasi pendidikan berbasis multikultural: Membentuk karakter siswa menuju Indonesia Emas 2045. Jim Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1). https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29285

Wardaya, C. U. (2024). Implementasi model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam Kota Bandung. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4409

Yuliatin, Y., Alqadri, B., & Herianto, E. (2023). Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1565

Downloads

Published

2024-12-21

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.