Evaluasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Merdeka dan Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i2.3820Keywords:
Pendidikan karakter, evaluasi kontekstual, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model pendidikan karakter di SD Ma’arif Kadungora dengan mengkaji keterpaduan antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam konteks kebijakan nasional dan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain evaluasi pendidikan karakter telah mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan perilaku secara sistematis. Pelaksanaan program pendidikan karakter di sekolah dilakukan melalui pembelajaran lintas mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan berbasis budaya sekolah. Sekolah juga berhasil mengadaptasi kebijakan nasional seperti Penguatan Pendidikan Karakter dan Merdeka Belajar ke dalam praktik lokal dengan mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan budaya Sunda. Namun, penelitian ini juga menemukan keterbatasan dalam hal konsistensi implementasi antar guru, keterbatasan instrumen evaluasi, serta kesenjangan sumber daya. Penelitian ini menyarankan pengembangan model evaluasi karakter berbasis kontekstual yang dapat direplikasi dengan mempertimbangkan keunikan budaya lokal dan sinergi kebijakan pusat-daerah.
References
Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2023). Analisis implementasi pendidikan karakter siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1). https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762
Amelia, D. J. (2018). Evaluasi pembelajaran berbasis Islam Kemuhammadiyahan sebagai internalisasi penguatan pendidikan karakter siswa di SD Muhammadiyah Kota Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2506
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886
Ardansyah, A., & Rahmi, A. (2025). Implementasi penerapan kurikulum pendidikan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatusshibyan. Jurnal Terapung Ilmu - Ilmu Sosial, 7(1). https://doi.org/10.31602/jt.v7i1.18516
Aulia, N., Sihite, I. E., Septemberiyani, D., & Silvania, Z. (2023). Implementasi nilai-nilai wawasan nusantara dalam kurikulum pendidikan kewarganegaraan. Adv, 1(5). https://doi.org/10.46799/adv.v1i5.74
Budiarti, Y. (2019). Pendidikan karakter: Sebuah upaya kolektif. Jurnal Civic Education Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.910
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. Asanka Journal of Social Science and Education, 2(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465
Fidya, D., & Irman, I. (2024). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui manajemen bimbingan dan konseling Islam. Guiding World (Bimbingan dan Konseling), 7(1). https://doi.org/10.33627/gw.v7i1.1659
Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., Anwar, S., & Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1265/1/012004
Hasan, A. M. (2022). Penerapan blended learning berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar. Decode Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2). https://doi.org/10.51454/decode.v2i2.41
Lubis, E. Z., & Karnati, N. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis kelas: Studi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Jurnal Intelektualita Keislaman Sosial dan Sains, 11(1). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10607
Marlina, S., Sari, Y. Y., & Syapurrohman, P. (2023). Evaluasi program mentoring secara daring dalam menunjang implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4723
Masruroh, S. (2023). Pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Hawari Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1). https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5342
Mayasari, A., Sopian, A., Ridwan, W., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Pengembangan model evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.676
Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya di sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(1). https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803
Sabbardi, M., Sukma, D. P., & Rahman, H. (2024). Evaluasi penanaman karakter melalui kegiatan P5 di SMKN 1 Dukuhturi dengan model CIPP. Jurnal Genre (Bahasa Sastra dan Pembelajarannya), 6(2). https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.10822
Sulastri, N., Anwar, S., Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Deep Learning-Based Planning Model for Islamic Education in Indonesian Integrated Schools. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 645–658. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1734
Sumarto, S., Prihatiningrum, I. S., Zulfa, I., Fatimah, E., & Betari, A. (2023). Manajemen pendidikan karakter siswa di sekolah jenjang dasar. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.280
Teguh, M., Wardarita, R., & Puspita, Y. (2023). Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 4 Lempuing Jaya. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 13(2). https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i2.12980
Umiati, U., & Sufi, I. S. (2024). Implementasi pendidikan berbasis multikultural: Membentuk karakter siswa menuju Indonesia Emas 2045. Jim Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1). https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29285
Wardaya, C. U. (2024). Implementasi model pendidikan holistik berbasis karakter di TK Assalam Kota Bandung. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4409
Yuliatin, Y., Alqadri, B., & Herianto, E. (2023). Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1565
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)

Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.







