Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 14 Bandung

Authors

  • Rizki Akbar Mubaroq Azhar Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Saripudin Saripudin Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Gina Isyana Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Syaripah Ainur Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i2.3442

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam, SMKN 14 BAndung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMKN 14 Bandung. Kesulitan belajar dalam konteks ini merujuk pada kondisi di mana siswa tidak dapat memahami dan menguasai materi PAIBP secara efektif, yang ditandai dengan keterbatasan dalam mengembangkan pemahaman terhadap konsep-konsep agama. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan guru mata pelajaran dan tiga orang siswa kelas 11 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan lima jenis kesulitan utama, yaitu: 1) Kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an, 2) Kesulitan dalam menghafal Al-Qur'an, 3) Kesulitan dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an, 4) Kesulitan dalam memahami materi Ijtihad, dan 5) Kesulitan dalam mengaplikasikan materi PAIBP dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAIBP.

References

An, M., Syarat-syarat, D., Tarbiyah, P. I., & Sari, L. (2022). Menghafal Al-Qur’an: Syarat-syarat diajukan untuk memenuhi tarbiyah pada ilmu. IAIN Curup, 1–122.

Azzuhri, M. (2020.). Pendidikan berkualitas: Upaya menuju perwujudan civil society. 143–156.

Budiono, E. K. T. (2019.). Peran guru pendidikan agama Islam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur'an kelas VII SMP N 09 Masni, Manokwari. Islamic Religious Education Teacher, Student Difficulty Learning to Read the Qur'an, 188–202.

Dasopang, A. P. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 1–15.

Fitri, M. (2019). Kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 353–362. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/12405

Irsyad, W., Putra, V. S., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa dan upaya mengatasinya: Studi kasus di MTs. Nurul Ilmi Salimpat. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 97–108. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11074

Lerner, J. (2000). Learning disabilities (9th ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.

Muntari. (2015). Upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SD Mujahidin 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–16.

Nidawati. (2013). Belajar dalam perspektif psikologi dan agama. Jurnal Pionir, 1(1), 1–12.

Panggabean, H. S., Hasanah, N. U., Ulfia, S., Hardiyanti, S. D., Astuti, P. W., Septianingsih, & Fitri, E. (2021). Upaya guru PAI menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Education & Learning, 1(2), 6–11. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.52

Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya kolaborasi dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 40–48.

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Penerapan Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pondok Pesantren. SPECTRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 40–60.

Siti Nusroh, E. L. F. A. (2020). Analisis kesulitan belajar pendidikan agama Islam (PAI) serta cara mengatasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 157–164.

Taylor, B. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Tri, T., & Sary, U. (2022). Analisis kesulitan belajar pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Tsaqila: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.30596/tjpt.v2i1.340

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles

Citation Check