Peran Lingkungan Sekolah dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 10 Bandung

Authors

  • Fitri Rahmawati Universitas Islam Nusantara, Bandung,, Indonesia
  • Jihan Fadhillah Nasution Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Haiffa Nur Nafisah Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i1.3348

Keywords:

Kesulitan Belajar, lingkungan sekolah, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kesulitan belajar merupakan hambatan yang dialami peserta didik dalam usahanya mempelajari mata pelajaran yang dipelajarinya di sekolah, atau hal-hal yang dapat mengakibatkan kegagalan kemajuan belajarnya. Kesulitan belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui Peran lingkungan sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data akan diperoleh melalui beberapa cara, seperti observasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya lingkungan sekolah berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Lingkungan sekolah yang mendukung dan memotivasi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Lingkungan yang nyaman, aman, dan teratur menciptakan suasana belajar yang kondusif, mempengaruhi motivasi belajar siswa. Melalui interaksi antara guru dan siswa, serta pemanfaatan sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang positif dapat membangkitkan semangat belajar siswa.

References

Anjas Kurniawan. 2023. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 29 Rejang Lebong.” 4(1):88–100.

Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(1980):1349–58.

Arfah, M. Arfah. 2021. “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai).” Jurnal Literasiologi 7(2):211–36. doi: 10.47783/literasiologi.v7i2.282.

Bararah, Isnawardatul. 2020. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal MUDARRUSUNA 10(2):351–70.

Rika Megasari. 2014. “Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi.” Jurnal Administrasi Pendidikan 2:636–48.

Evi Vitriana. 2017. “Peranan Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Di SMP Karya Bhakti Lampung Timur.” 21(1):1–9.

Eviliasani, Keni, Heris Hendriana, and Eka Senjayawati. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Viii Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(3):333. doi: 10.22460/jpmi.v1i3.p333-346.

Hasbi. n.d. “Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas PAI Kelas IV SDN No. 68 Purangi Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo.” (68).

Herawati, Mutia. 2019. “Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sinjai.”

Ii, B. A. B., A. Konsep Teoretis, and Lingkungan Sekolah. 2014. “Hubungan Lingkungan Pendidikan Terhadap Pembelajaran Efektif Sekolah.” 4:8–41.

Jannah, W. 2021. “Menjadi Guru Profesional: Memahami Hakikat Dan Kompetensi Guru.” 1–8.

Junaidi, Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review?: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3(1):45–56. doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Masropah, ST. 2017. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Melalui Metode STAD.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 2(2):202. doi: 10.28926/briliant.v2i2.49.

Meria, Aziza. 2018. “Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Diri Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan.” Turast?: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian 6(2). doi: 10.15548/turast.v6i2.70.

Miladiyah, Fatkhiatul, Ikhrom Ikhrom, and Raharjo Raharjo. 2023. “Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Reopening.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(10):7811–16. doi: 10.54371/jiip.v6i10.2487.

Neliwati, Neliwati, Fawziyah Tansyah Siregar, Ali Akbar Siregar, and Helfinasyam Batubara. 2023. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2):297–306. doi: 10.31538/munaddhomah.v4i2.351.

Neorng Muahadjir. 2018. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Sdn No. 430 Pandoso Kecamatan Suli ….” Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 9(430):1.

Siti Nusroh, Eva Luthfi Fakhru Ahsani. 2019. “Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya.” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 4(2). doi: 10.29240/belajea.v4i2.891.

Siti Rahmawati. 2021. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru.” Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 21(1):hlm 67-68.

Suci Fachwana. 2016. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Negeri I Darussalam Aceh Besar.” 9(2):10.

Supriadi, Supriadi. 2017. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran.” Lantanida Journal 3(2):127. doi: 10.22373/lj.v3i2.1654.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.

Downloads

Published

2023-08-20

Issue

Section

Articles

Citation Check