Peran Lingkungan Sekolah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MI Bani Quraisani

Authors

  • Neng Rini Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Muhammad Ayi Ulumudhin Prodi PAI Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Asparul Hadi Prodi PAI Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Jimmy Fujie Prodi PAI Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i3.3335

Keywords:

lingkungan sekolah, Kesulitan Belajar, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai individu agar mereka dapat berfungsi secara efektif dalam masyarakat. Lingkungan sekolah memainkan peran  dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Sebagai tempat utama di mana proses pembelajaran formal terjadi, sekolah harus menyediakan lingkungan yang mendukung dan inklusif bagi semua siswa. Penelitian ini menyoroti berbagai faktor lingkungan sekolah yang berkontribusi terhadap peningkatan kinerja akademik siswa dengan kesulitan belajar. Faktor-faktor tersebut meliputi dukungan dari guru, keterlibatan orang tua, fasilitas pendidikan yang memadai, serta kebijakan sekolah yang adaptif terhadap kebutuhan individu siswa. Interaksi positif antara guru dan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dan mengurangi kecemasan akademik. Keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan juga terbukti memperkuat pencapaian belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru serta observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor lingkungan sekolah secara signifikan mempengaruhi kinerja akademik siswa dengan kesulitan belajar. Dukungan dari guru. Keterlibatan orang tua, fasilitas pendidikan yang memadai, Kebijakan sekolah yang fleksibel dan adaptif dapat menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung terbukti membantu siswa mengatasi hambatan belajar dan mencapai potensi akademik mereka secara maksimal.

References

Astuti, E. ( (2022).). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87-96.

Minsih, A. G. (n.d.). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. In P. G. KELAS. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Minsih, M. ( (2018).). Peran guru dalam pengelolaan kelas. . Profesi pendidikan dasar, : 5(1), 20-27.

Minsih, M. ((2018).). . Profesi pendidikan dasar, . In P. g. kelas. 5(1), 20-27.

Nuraeni, N. &. ( (2020).). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif.,. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19-20.

Sambora, T. R. (n.d.). KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SMA NEGERI 1 WATES KABUPATEN KEDIRI. Universitas Negeri Yogyakarta .

Suartini, N. W. ( (2022).). Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar,. . Journal of Education Action Research, 6(1), 141-145.

Sudrajat, A. ( (2017)). . Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003.

Sudrajat, A. ((2010).). Definisi pendidikan menurut UU no. 20 tahun 2003. Diakses di http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2010/12/04/definisi-pendidikan--tentang-sisdiknas/pada tanggal, 12. definisi-pendidikan-menurut-uu-no-20-tahun-2003.

Sudrajat, A. ((2017).). Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003.

Utami, F. N. ((2020)). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,, 2(1), 93-101.

Downloads

Published

2023-12-20

Issue

Section

Articles

Citation Check