Peran Teknologi Pendidikan Dalam Membantu Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar PAI di SMKN 10 Kota Bandung

Authors

  • Ai Nurul Wardatul Suroya Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Muhamad Robiil Ula Prodi PAI Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Ai Nurajizah Prodi PAI Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ululalbab.v1i3.3342

Keywords:

Kesulitan Belajar, Teknologi Pendidikan, Permasalahan Pembelajaran

Abstract

Kesulitan belajar merupakan hal yang umum dialami oleh siswa dalam upaya mereka untuk menguasai mata pelajaran di sekolah. Berbagai faktor berkontribusi terhadap tantangan ini, termasuk ketidakmampuan untuk memahami materi sepenuhnya, kurangnya motivasi, dan ketidaktertarikan pada mata pelajaran seperti Pendidikan Agama Islam (PAI). Guru memainkan peran penting dalam membantu siswa untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Penelitian ini meneliti potensi Teknologi Pendidikan untuk membantu siswa dalam mengatasi tantangan belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi peran Teknologi Pendidikan dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 10 Bandung. Temuan menunjukkan bahwa Teknologi Pendidikan memainkan peran penting dalam mengurangi tantangan belajar dalam PAI. Pertama, sebagai media pembelajaran, teknologi membantu memperjelas materi yang sulit, sehingga memudahkan siswa untuk memahami konsep-konsep yang kompleks. Kedua, sebagai sumber belajar, teknologi memfasilitasi akses mudah ke informasi dan konten pendidikan bagi siswa dan guru. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan Teknologi Pendidikan ke dalam proses belajar mengajar. Hal ini tidak hanya mengatasi kesulitan belajar tetapi juga meningkatkan pengalaman pendidikan secara keseluruhan dengan membuat informasi lebih mudah diakses dan menarik. Teknologi Pendidikan sangat penting dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI di SMKN 10 Bandung. Teknologi Pendidikan berfungsi sebagai media pengajaran dan sumber belajar, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa.

References

Abdurrahman, M. (2002). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Asdi Maha Satya.

Adam, S. dan M. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal.

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: Pilar Nusantara, 8–9.

Ali, A., & Erihadiana, E. (2021). Peningkatan kinerja teknologi pendidikan dan penerapannya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(3), 332–341.

Andri, R. M. (2017). “Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Research Sains., 3(1), 127.

Ayatullah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara. Bintang?: Jurnal Pendidikan dan Sain, 2(2), 206–229.

Degeng, I. N. S. (1993). Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka.J. Dirjen Dikti, Depdikbud RI.

Denzin, K. ., & Lincoln, Y. S. (1994). Handbook of qualitative research. Sage Publications, Inc.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia.

Fitri, M. (2019). Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 353–362.

Hasibuan, N. (2016). Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 1(2), 189. https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.313

Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Potensia, 14(2).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam?: Edureligia, 2(2).

Mundir. (2019). Teknologi Pendidikan Suatu Pengantar. Edulitera.

Muniarti, E. (2020). Kesulitan belajar (konsep dasar, gejala dan efek sosial psikologisnya) dan teknik pengumpulan data dan asesment. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas kristen indonesia.

Nurdyansyah, D. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab?: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124. https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.81

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N., & Tangerang, U. M. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA?: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosia, 3(2), 243–255.

Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 81–85.

Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5, 71. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145

Satori, D. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabetha.

Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–74.

Sugianto, O., Munawaroh, L., Supriani, I., & Cahyono, H. N. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 4, 17–24. https://doi.org/10.59525/ijois.v4i1.197

Downloads

Published

2023-12-20

Issue

Section

Articles

Citation Check