Focus and Scope
Jurnal Mutiara Guru berfokus pada publikasi artikel ilmiah yang mengeksplorasi, mengembangkan, dan mengevaluasi model pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. Ruang lingkup jurnal ini meliputi, namun tidak terbatas pada:
-
Model Pembelajaran Inovatif
-
Pengembangan dan penerapan model pembelajaran seperti blended learning, hybrid learning, project-based learning, problem-based learning, flipped classroom, research-based learning, dan lain-lain.
-
Model pembelajaran yang mendorong keterampilan abad ke-21: berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan lain-lain.
-
-
Integrasi Teknologi dalam Model Pembelajaran
-
Pemanfaatan teknologi digital, kecerdasan buatan (AI), analitik pembelajaran (learning analytics), integrasi VR/AR, dan lain-lain dalam mendukung proses pembelajaran.
-
Inovasi model pembelajaran berbasis platform digital yang interaktif, kolaboratif, inklusif, dan lain-lain.
-
-
Desain Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran
-
Desain model pembelajaran yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi, kebutuhan industri 4.0 dan 5.0, tantangan global abad ke-21, dan lain-lain.
-
Studi kasus implementasi model pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan, konteks, dan lain-lain.
-
-
Evaluasi dan Dampak Model Pembelajaran
-
Analisis efektivitas model pembelajaran terhadap capaian belajar, keterampilan, karakter peserta didik, dan lain-lain.
-
Perbandingan antara model pembelajaran konvensional dan inovatif, dan lain-lain.
-
Dampak penerapan model pembelajaran terhadap motivasi, keterlibatan, kesiapan kerja lulusan, dan lain-lain.
-