Author Guidelines

Petunjuk Umum

Jurnal Mugu memuat artikel ilmiah dengan topik-topik yang relevan dengan bidang ilmu Pendidikan baik berupa hasil penelitian, simulasi maupun pengembangan konsep-konsep fundamental. Artikel yang diusulkan untuk dimuat dalam Jurnal Mugu haruslah tulisan yang belum pernah dipublikasi dalam majalah ilmiah lainnya. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan menggunakan kaidah bahasa tulis yang baik dan benar. Artikel ditulis dalam bentuk manuskrip dalam MS Word dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dengan margin kiri 2,5 cm, margin atas 2,5 cm, margin kanan 2,5 cm, dan margin bawah 2,5 cm. Artikel ditulis dalam format single-column dengan layout teks sesederhana mungkin. Dianjurkan untuk hanya menggunakan fasilitas penulisan yang disediakan dalam MS Word (bold, italics, subscript, superscript, equation, dll) dan tidak menggunakan fasilitas lainnya yang tidak terdapat dalam MS Word (embedded design grafis, embedded symbols, embedded equations, dll). Semua bagian teks dalam manuskrip ditulis dengan menggunakan font Georgia 11 pt. Berikut adalah template Artikel Jurnal Mugu Template.

Setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Mugu akan diperiksa tingkat kesamaannya (similarity check) untuk memastikan orisinalitas karya ilmiah. Batas maksimum tingkat kesamaan yang diperbolehkan adalah 20%, sesuai dengan Kebijakan Plagiarisme Jurnal Mugu. Naskah yang melebihi batas tersebut akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki atau ditolak oleh dewan editor.

Petunjuk Khusus

Manuskrip diawali dengan Judul, Nama Penulis, afiliasi dan email Penulis, Abstrak dan Kata-kata Kunci diikuti dengan bagian isi yang terdiri atas Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Referensi. Dalam penulisan manuskrip, gambar dan tabel disajikan bersamaan dengan teks dalam bagian isi. Nomor urut dan nama gambar ditulis pada bagian bawah gambar, sementara nomor tabel dan nama tabel ditulis pada bagian atas tabel. Mohon dipastikan bahwa kualitas dan ukuran gambar yang disajikan cukup besar untuk menghasilkan kualitas cetak yang baik (satu halaman untuk satu gambar). Mohon gambar tidak diberi bingkai (frame). Hal ini akan memudahkan redaksi dalam melakukan pengeditan dan penyusunan format tulisan kemudian.

  1. Judul, Nama Penulis, afiliasi dan alamat email Penulis, Korespondensi Penulis (corresponding author)
    1. Judul artikel maksimal 15 kata ditulis dengan ringkas tetapi informatif. Dianjurkan untuk tidak menggunakan singkatan dan rumus yang tidak dikenal secara luas.
    2. Nama semua penulis ditulis di bawah judul artikel dengan lengkap tetapi tanpa gelar. Pada bagian akhir dari masing-masing nama diberi angka superskrip untuk mengidentifikasikan urutan penulis. Selain itu, juga perlu diidentifikasikan penulis yang bertanggung jawab dalam korespondensi.
    3. Afiliasi dan alamat email penulis ditulis di bawah semua nama penulis diawali dengan huruf superskrip yang sesuai dengan masing-masing nama penulis.
    4. Alamat email korespondensi ditulis di bagian bawah afiliasi dan alamat email serta menambahkan nomor handphone (WA).
  2. Abstrak dan Kata-kata Kunci
    1. Abstrak ditulis secara ringkas; berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, kebaharuan, dan implikasi. Panjang abstrak sekitar 150-200 kata. Abstrak dianjurkan tidak memuat singkatan atau rumus yang tidak dikenal secara luas.
    2. Langsung di bawah teks abstrak, dituliskan kata kunci terdiri dari 3-5 kata atau frasa dan harus mencerminkan konsep penting dari artikel. Penulis tidak diperkenankan menjadikan lokus sebagai kata kunci (ditulis dengan huruf kecil dan disusun sesuai abjad).
    3. Abstrak dan kata-kata kunci ditulis masing-masing dalam dua (2) bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  3. Pendahuluan
    Pada bagian pendahuluan disampaikan (1) latar belakang umum, (2) gap analysis atau pernyataan kesenjangan, (3) kajian literatur terdahulu sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel terdahulu. Tidak diperkenankan adanya “tinjauan pustaka” sebagaimana dalam laporan penelitian (skripsi, tesis dan disertasi), tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu. (4) Novelty statement atau perbedaan penelitian ini dibanding penelitian sebelumnya. (5) Hipotesis (jika ada). (6) Tujuan kajian artikel/penelitian. Penulis tidak diperkenankan memberikan sub judul pada bagian pendahuluan ini.
  4. Metode Penelitian (Pengembangan Model)
    Menjelaskan pendekatan dan metode penelitian, jenis dan sumber data, teknik analisis data, serta waktu dan tempat penelitian (opsional).
  5. Hasil dan Pembahasan
    Menyajikan hasil penelitian dan pembahasannya secara terpadu, disertai ide penulis mengenai konsep ideal terhadap masalah yang dikemukakan. Sub bab diperbolehkan untuk memudahkan pembaca memahami ide penting artikel.
  6. Kesimpulan
    Memuat kesimpulan, implikasi manfaat secara teoritis maupun aplikatif, keterbatasan penelitian, serta rekomendasi.
  7. Penulisan Referensi
    1. Referensi dalam teks:
      • Penulis tunggal: nama akhir penulis dan tahun publikasi.
      • Dua penulis: kedua nama akhir penulis dan tahun publikasi.
      • Tiga penulis atau lebih: nama akhir penulis pertama diikuti dengan “dkk.” dan tahun publikasi.
  8. Referensi
    Literatur yang dituliskan di referensi hanya yang dirujuk atau dikutip dalam artikel. Disarankan menggunakan software seperti Mendeley, EndNote, Reference Manager, atau Zotero. Jumlah minimal bahan rujukan adalah 25 sumber, dengan 80% berasal dari jurnal atau prosiding 5 tahun terakhir. Gunakan gaya penulisan American Psychological Association (APA) 7th edition. Contoh:
    • Buku: Brown, H.D. (2017). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains: Pearson Education.
    • Artikel Jurnal: Abbas, M.F.F. (2015). Analysis of students’ ability in writing a research proposal. ELT-Lectura, 2(2), 44–47.
    • Skripsi/Tesis: Choo, S. (2016). Investigating Ideology in the Literature curriculum in Singapore. Unpublished master’s thesis. National University of Singapore.
    • Sumber Online: Deane, P., Odendahl, N., Quinlan, T., Flowles, M., Welsh, C., & Tatum, J. B. (2008). Cognitive models of writing: Writing proficiency as a complex integrated skill. Retrieved February 9, 2014, from https://www.ets.org/Media/Research/pdf/RR-08-55.pdf.
  9. Semua naskah ditelaah oleh reviewers yang ditunjuk oleh tim editor sesuai bidang keilmuan. Penulis diberi kesempatan melakukan revisi berdasarkan saran dari reviewers atau editor. Keputusan pemuatan atau penolakan akan diberitahukan melalui e-mail.
  10. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HaKI menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.