Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui Diskusi Kelompok Kecil

Authors

  • Karnelis Karnelis Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/mugu.v1i1.2737

Keywords:

Teacher's Abilities, Small Group Discussion

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian tindakan sekolah ini yaitu Apakah  dengan diterapkannya model forum diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan guru TK Seroja dan TK Bunga Bangsa dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung? Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran forum diskusi kelompok kecil di TK Seroja dan TK Bunga Bangsa Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung? Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 63 meningkat menjadi 76.66 terjadi peningkatan sebesar 13.66 ketika dilanjutkan pada siklus II terjadi peningkatan lagi sebesar 7.66 menjadi 84.33, indikator keberhasilan penelitian yaitu 80. Penerapan forum diskusi kelompok kecil  yang dilakukan oleh pengawas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini di buktikan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan hasil berupa laporan penelitian tindakan kelas dari seluruh guru. Terjadinya peningkatan pada aktivitas Guru TK dalam pelaksanaan PTK yaitu pada siklus I sebesar 75% menjadi 100% terjadi peningkatan sebesar 25%. hasil tersebut menandakan keberhasilan peneliti dalam menerapkan diskusi kecil pada penelitian tindakan kelas.

References

Dewa Ketut Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dwi Siswoyo, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Hamzah B. Uno. (2008). Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

KBBI. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

M. Amirin,Tatang, (1990). Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers.

Moh. Uzer Usman & Lilis Setiawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratita Ruwahidha Nur Ichsan. (2010).Peningkatan Motivasi Karir Melalui Teknik Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Group Discussion) Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi. FIP-UNY.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slamet Suyanto. (2005). Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Yufiarti dan Titi Chandrawati. (2011). Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

27-06-2022

How to Cite

Karnelis, K. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui Diskusi Kelompok Kecil. Mutiara Guru, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.30999/mugu.v1i1.2737

Citation Check