Meningkatkan Pendidikan Agama Islam melalui Joyful Learning: Implementasi dan Tantangan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i2.3568Keywords:
Joyful learning, pendidikan agama Islam, pembelajaran menyenangkanAbstract
Pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning) merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar melalui suasana yang interaktif dan bebas tekanan. Metode ini dianggap relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang sering kali masih didominasi oleh metode konvensional berbasis hafalan dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kamal Muara 01 Jakarta Utara. Implementasi metode joyful learning dilakukan dengan menerapkan berbagai strategi pembelajaran, seperti permainan edukatif, moving class, outdoor learning, dan penggunaan media musik. Data dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode joyful learning secara signifikan meningkatkan minat belajar dan hasil akademik siswa. Nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 70,5 sebelum implementasi menjadi 82,6 setelahnya. Selain itu, pendekatan ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serta memperkuat pemahaman terhadap konsep keislaman melalui pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna. Metode joyful learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasinya, seperti kurangnya kreativitas pendidik dan keterbatasan fasilitas pendukung di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut terkait strategi pembelajaran berbasis joyful learning, serta peningkatan pelatihan bagi pendidik agar dapat menerapkan metode ini secara optimal.
References
Ananda, R., Irmawan, B., Juanda, S., & Aswadi, M. K. (2023). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9672–9678. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3297
Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2017). Joyful Learning Strategy Using Game Method of Treasure Clue to Improve Reading Comprehension Skill. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.11601
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).
Hanan, A., Marjani, G. I., Suherman, U., Firdaus, A., Albustomi, A. G., Goffary, I., Anwar, S., & Arken, M. R. (2023). Harnessing Technology for Environmental Method: Cultivating High Order Thinking Skills for Sustainable Maritime Development Knowledge. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1265(1), 12004. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1265/1/012004
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (Jrpd), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Maming, K. (2023). Joyful Learning as a Worthwhile Instructional Activity for English Beginner Students in the Post Covid 19 Pandemic Era. Ethical Lingua Journal of Language Teaching and Literature, 10(1). https://doi.org/10.30605/25409190.569
Mulyati, S., & Nafisyah, D. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Agama Siswa Melalui Metode Diskusi Di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(3), 65–69. https://doi.org/10.37251/jber.v2i3.197
Riskawati, R., Triono, M., & Syamsulrizal, S. (2022). Analisis Minat Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Ma Negeri Insan Cendekia Sorong Pada Masa Pandemi Covid-19. Theorema the Journal Education of Mathematics, 3(1). https://doi.org/10.36232/theorema.v3i1.2607
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS Di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Susanto, F. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPAS. Jurnal Basicedu, 7(6), 3646–3653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6353
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, T. Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 1–23.
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. S. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Zulaihah, S., & Rahmaniah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ips. Dinamika Sosial Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i1.2098
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).