Optimalisasi Manajemen Strategi Pada Yayasan Pendidikan Islam Untuk Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Rovolusi Industri 4.0

Authors

  • Sutarjo Sutarjo SMKN 2 Cipunagara, Indonesia
  • Neng Enab Siti. Z MA Plus Al Furqon, Indonesia
  • Rahmi Rahmi SDN Nanggala 1, Indonesia
  • Awaludin Sidik SMAN 1 Purwakarta, Indonesia
  • Siti Kusnul Khotimah SDN Ciranjang 01, Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i2.3124

Keywords:

Manajemen Strategi, Yayasan Pendidikan Islam, Tantangan Revolusi Industri

Abstract

Manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam  dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0 harus dipersiapkan. Revolusi 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi digital dan internet telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Oleh karena itu, Yayasan Pendidikan Islam harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan tersebut. Identifikasi masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah literature review yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0 harus memperhatikan beberapa hal seperti pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan era revolusi 4.0, pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi, dan pengembangan sistem informasi yang efektif.

References

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. journal EVALUASI, 4(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Bryson, J. M. (1998). Strategic planning for public and nonprofit organization. San Fransisco: Jossey-Bass.

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).

Dasrimin, H., Imron, A., & Supriyanto, A. (2019). Spirituality-Based Character Education Strategic Management. In Jurnal Pendidikan Humaniora (Vol. 7).

Dermawan. (2019). Strategic Management In Improving The Quality Of Education In The State Senior High School 1 Metro Lampung. Journal of Islamic Education Manajemen, 4(1).

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2). https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Fatimaingrum, A. S. (2021). Karakteristik Guru Dan Sekolah Yang Efektif Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk dalam Teori dan Praktek. Batam: Interaksara.

George, F. P. (2010). Crafting and Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage - Concepts and Cases. SCMS Journal of Indian Management, Vol. 7.

Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 33–41.

Ifadah, L., Utomo, S. T., & Haris, M. (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Al Ghazali, 2(2), 33–41.

Downloads

Published

2024-02-25

Issue

Section

Article

Citation Check