Optimalisasi Manajemen Strategi Pada Yayasan Pendidikan Islam Untuk Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Rovolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i2.3124Keywords:
Manajemen Strategi, Yayasan Pendidikan Islam, Tantangan Revolusi IndustriAbstract
Manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0 harus dipersiapkan. Revolusi 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi digital dan internet telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Oleh karena itu, Yayasan Pendidikan Islam harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan tersebut. Identifikasi masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah literature review yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi Yayasan Pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0 harus memperhatikan beberapa hal seperti pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan era revolusi 4.0, pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi, dan pengembangan sistem informasi yang efektif.
References
Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. journal EVALUASI, 4(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356
Bryson, J. M. (1998). Strategic planning for public and nonprofit organization. San Fransisco: Jossey-Bass.
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).
Dasrimin, H., Imron, A., & Supriyanto, A. (2019). Spirituality-Based Character Education Strategic Management. In Jurnal Pendidikan Humaniora (Vol. 7).
Dermawan. (2019). Strategic Management In Improving The Quality Of Education In The State Senior High School 1 Metro Lampung. Journal of Islamic Education Manajemen, 4(1).
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2). https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Fatimaingrum, A. S. (2021). Karakteristik Guru Dan Sekolah Yang Efektif Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk dalam Teori dan Praktek. Batam: Interaksara.
George, F. P. (2010). Crafting and Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage - Concepts and Cases. SCMS Journal of Indian Management, Vol. 7.
Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 33–41.
Ifadah, L., Utomo, S. T., & Haris, M. (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Al Ghazali, 2(2), 33–41.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).