
About the Journal
Jurnal Mutiara Guru berfokus pada publikasi artikel ilmiah yang mengeksplorasi, mengembangkan, dan mengevaluasi model pembelajaran di semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasr, menengah, hingga perguruan tinggi. Jurnal ini dihadirkan sebagai wadah bagi para guru, dosen, peneliti, maupun praktisi pendidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, inovasi, serta praktik terbaik dalam proses belajar mengajar.
Cakupan publikasi meliputi, namun tidak terbatas pada:
• Inovasi model pembelajaran yang relevan dengan tuntutan abad ke-21, termasuk blended learning, hybrid learning, project-based learning, problem-based learning, flipped classroom, research-based learning, dan lain-lain.
• Integrasi teknologi dalam pembelajaran, seperti pemanfaatan kecerdasan buatan (AI), learning analytics, serta penerapan VR/AR untuk meningkatkan pengalaman belajar.
• Desain kurikulum dan implementasi pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan era industri 4.0 dan 5.0.
• Evaluasi efektivitas dan dampak penerapan model pembelajaran terhadap capaian belajar, keterampilan, motivasi, dan kesiapan kerja peserta didik.
Dengan fokus tersebut, Jurnal Mutiara Guru diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pendidikan sekaligus mendorong peningkatan kualitas proses pembelajaran di Indonesia.
Current Issue
Articles
-
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Studi Pada Kelas IX SMP Negeri 2 Soreang)
Abstract View : 21 PDF Download downloads: 54 -
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIFE STAD (Penelitian pada siswa kelompok B lembaga PAUD Nurul Huda Kutawaringin Bandung)
Abstract View : 26 PDF Download downloads: 77 -
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN STRUKTUR BAHASA
Abstract View : 19 PDF DOWNLOAD downloads: 475 -
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
Abstract View : 25 PDF DOWNLOAD downloads: 74