Strategi Peningkatan Produktifitas Ghetuk Pisang Nikmat Rasa Melalui Media Sosial

Penulis

  • Rendi Eka Saputra Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Muhammad Ikhsan Dimas Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Moh. Faiz Ashabi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.3598

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi peningkatan produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Nikmat Rasa yang bergerak di bidang produksi getuk pisang melalui pemanfaatan media sosial. Produktivitas dalam konteks ini diukur dari peningkatan volume penjualan, perluasan jangkauan pasar, dan efisiensi proses pemasaran. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan pengelola getuk pisang nikmat rasa, observasi langsung terhadap proses produksi dan pemasaran, serta analisis konten media sosial yang digunakan. Temuan utama penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial saat ini masih terbatas pada publikasi produk secara konvensional dan belum optimal dalam membangun interaksi dengan konsumen serta memperluas jaringan pemasaran dan masih terkendala dalam pengiriman barang menggunakan ekspedisi. Hasil penelitian ini merekomendasikan beberapa strategi peningkatan produktivitas melalui media sosial, antara lain: (1) pengembangan konten kreatif dan interaktif yang menarik minat konsumen, (2) pemanfaatan fitur-fitur media sosial untuk promosi yang lebih terarah dan efektif, (3) pembentukan komunitas online untuk membangun loyalitas pelanggan, dan (4) integrasi media sosial dengan platform e-commerce untuk memfasilitasi transaksi penjualan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas produk, memperluas pangsa pasar, dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas getuk pisang nikmat rasa secara signifikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-19

Cara Mengutip

Rendi Eka Saputra, Muhammad Ikhsan Dimas, & Moh. Faiz Ashabi. (2025). Strategi Peningkatan Produktifitas Ghetuk Pisang Nikmat Rasa Melalui Media Sosial. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(1), 23–31. https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i2.3598

Terbitan

Bagian

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check