PENGUATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR

Penulis

  • Enjang Warman UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA, Australia
  • Sajidin Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Nandang Koswara Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Helmawati Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3583

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berfokus pada implementasi pendidikan inklusif di Sekolah Dasar melalui kegiatan workshop di SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Masih terdapat kesenjangan antara prinsip dan praktik di SDN Gekbrong 1, dengan guru-guru menghadapi keterbatasan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam mengelola kelas inklusif dan memfasilitasi peserta didik berkebutuhan khusus. Tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru serta tenaga kependidikan mengenai konsep dan praktik pendidikan inklusif, serta mendorong komitmen dan kolaborasi antar pihak terkait untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inklusif. Kegiatan dilaksanakan melalui format workshop, meliputi empat tahap: administrasi, perencanaan program, implementasi workshop, dan evaluasi komprehensif melalui pre-test, post-test, dan kuesioner kepuasan peserta. Workshop ini menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman teoretis dan keterampilan praktis guru dalam mengidentifikasi kebutuhan khusus dan merancang pembelajaran adaptif. Hasil ini menguatkan teori bahwa intervensi pelatihan terstruktur dan kolaborasi pemangku kepentingan merupakan faktor krusial dalam keberhasilan implementasi pendidikan inklusif.

 

Kata kunci: Pendidikan Inklusif, Kompetensi Guru, Sekolah Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-12

Cara Mengutip

Enjang Warman, Sajidin, Nandang Koswara, & Helmawati. (2025). PENGUATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN GEKBRONG 1 KABUPATEN CIANJUR. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 15(1), 60–67. https://doi.org/10.30999/jpkm.v15i1.3583

Terbitan

Bagian

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check