Pengembangan Nilai Kebersamaan dan Literasi Anak Melalui Kegiatan Kreatif - Edukatif di Pojok Bahasa Raudhatul Athfal Al Barkah

Penulis

  • Wawan Hermawan Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Utari Nurcahyani Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3527

Abstrak

Pengembangan nilai kebersamaan dan literasi pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter dan meningkatkan keterampilan literasi anak. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai kebersamaan dan meningkatkan keterampilan literasi anak-anak di RA Al Barkah melalui kegiatan kreatif dan edukatif di Pojok Bahasa. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung dan wawancara dengan pihak sekolah serta perangkat desa. Hasilnya menunjukkan peningkatan minat anak-anak terhadap literasi dan kemampuan mereka dalam bekerja sama. Program ini berhasil memperkenalkan literasi dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, Arab) dan memperkuat interaksi sosial dan pengelolaan emosi anak-anak. Kolaborasi dengan guru dan staf sekolah memainkan peran penting dalam keberhasilan kegiatan ini.
Kata Kunci: Kebersamaan, Literasi, Anak Usia Dini, Pojok Bahasa, Kegiatan Edukatif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-18

Cara Mengutip

Wawan Hermawan, & Utari Nurcahyani. (2024). Pengembangan Nilai Kebersamaan dan Literasi Anak Melalui Kegiatan Kreatif - Edukatif di Pojok Bahasa Raudhatul Athfal Al Barkah . JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2), 329–335. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3527

Terbitan

Bagian

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check