IMPLEMENTASI DAN DAMPAK PROGRAM PENANAMAN TUMBUHAN TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA

Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri di Desa Tulusbesar, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

Penulis

  • Abdul Wahid Mahsuni Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Dwi Putri Mega Amanda Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3514

Abstrak

Program penanaman tumbuhan di SDN 1 Tulusbesar dan SDN 2 Tulusbesar merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan memperbaiki kualitas lingkungan fisik sekolah dan memberikan edukasi terkait pentingnya tanaman dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi kepada siswa dan guru, persiapan lahan, penanaman tanaman, dan perawatan pasca-penanaman. Dalam pelaksanaannya, siswa berpartisipasi aktif dalam setiap tahap kegiatan, termasuk menanam dan merawat tanaman di area yang telah disediakan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan estetika lingkungan sekolah serta kesadaran siswa akan pentingnya menjaga dan merawat tanaman, meskipun terdapat tantangan dalam keberlanjutan perawatan di SDN 1. Program ini juga mendukung proses pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran IPA yang berkaitan dengan ekosistem dan reboisasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-10

Cara Mengutip

Abdul Wahid Mahsuni, & Dwi Putri Mega Amanda. (2024). IMPLEMENTASI DAN DAMPAK PROGRAM PENANAMAN TUMBUHAN TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA : Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri di Desa Tulusbesar, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2), 154–162. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3514

Terbitan

Bagian

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check