Promosi Wisata Pantai Desa Watorumbe
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3380Abstract
Promosi merupakan kegiatan mempengaruhi konsumen untuk memilih dan menerima serta menjadi pelanggan setia suatu produk. Promosi diharapkan mampu menarik minat konsumen dan calon konsumen untuk menggunakan suatu produk salahsatunya adalah wisata pantai. Wisata pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang paling popular dan selalu dikunjungi olewh wisatawan. Untuk meningkatkan daya Tarik wisatawan, diperlukan strategi promosi yang mampu menarik calon wisatawan baik local, nasiolan maupun mancanegara. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi terkait beberapa strategi promosi wisata pantai desa Watorumbe Kabupaten Buton Tengah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan metode sosialiasi yang dimulai dengan analisis kebutuhan, tahap FGD, sosialiasi dan kegiatan lapangan berupa pembersihan lokasi wisata pantai dan pemasangan papan informasi. Dari hasil sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Watorumbe, mitra sasaran mampu memahami bebarapa langkah strategi promosi wisata antara lain strategi promosi, promosi desa wisata melalui media sosial, strategi promosi berkelanjutan, strategi potensi wisata pantai, penataan kawasan wisata, promosi keunggulan daerah dan pembersihan wisata pantai. Selain itu juga, untuk menjaga pantai tetap terlihat menarik, maka perlu dilakukan pembersihan secara berkala oleh penduduk setempat.









