The Screening of Learning Readiness of Students with Disabilities at SLB Aisyiah Krian Sidoarjo using Electroencephalography (EEG)

Screening Kesiapan Belajar siswa disabilitas SLB Aisyiah Krian Sidoarjo dengan Elektroensefalografi (EEG)

Penulis

  • Tining Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Amirul Haq
  • Sulton Dedi Wijaya
  • Marista Oktaviani
  • Alwan Fayyadh
  • Hafiz Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3352

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gelombang otak dan tingkat kesiapan siswa difabel dalam belajar menggunakan sinyal EEG (Electroencephalography). Sinyal EEG digunakan untuk merekam aktivitas listrik otak yang dihubungkan dengan berbagai kondisi mental, termasuk kesiapan belajar. Metode yang digunakan melibatkan pengumpulan data dari siswa difabel dengan melakukan pengukuran gelombang otak sebelum dan selama proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi signifikan antara jenis gelombang otak tertentu, seperti gelombang alfa dan beta, dengan tingkat kesiapan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kondisi mental siswa difabel, serta menjadi acuan untuk optimasi kurikulum pendidikan inklusif berbasis teknologi

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-16

Cara Mengutip

Tining, Haq, M. A., Wijaya, S. D., Oktaviani, M., Fayyadh, A., & Firmansyah, H. (2024). The Screening of Learning Readiness of Students with Disabilities at SLB Aisyiah Krian Sidoarjo using Electroencephalography (EEG): Screening Kesiapan Belajar siswa disabilitas SLB Aisyiah Krian Sidoarjo dengan Elektroensefalografi (EEG). JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2), 309–313. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3352

Terbitan

Bagian

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check