Pendampingan Penggunaan Asesmen Portofolio Untuk Memonitor Kemajuan Mahasiswa PPL Bagi Guru Pembimbing

Penulis

  • Sukoriyanto Sukoriyanto Universitas Negeri Malang, Indonesia

Kata Kunci:

Pendampingan, portofolio, guru pembimbing PPL

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pendampingan penggunaan asesmen portofolio bagi guru pembimbing PPL ini adalah membantu guru untuk memiliki pengetahuan tertang asesmen portofolio dan dapat menerapkan asesmen portofolio untuk memonitor kemajuan mahasiswa yang sedang PPL di sekolah tempat guru mengajar. Kegiatan pendampingan ini melibatkan satu guru matematika dari MAN Gondanglegi Kabupaten Malang yang membimbing tiga mahasiswa jurusan Matematika yang sedang melaksanakan PPL. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara membantu  guru merancang tugas portofolio, menyusun rubric penilaian portofolio, mengases hasil tugas mahasiswa dan memberikan umpan balik terhadap tugas yang dikerjakan mahasiswa.  Hasil dari kegiatan ini adalah guru memperoleh tambahan pengetahuan terkait dengan teori asesmen portofolio dan memperoleh tambahan kemampuan dalam pelaksanaan asesmen portofolio. Guru pembimbing PPL sudah mampu merancang tugas-tugas asesmen portofolio, mampu merancang rubrik penilaian asesmen portofolio dan memberikan asesmen berdasarkan hasil pekerjaan mahasiswa.

Biografi Penulis

Sukoriyanto Sukoriyanto, Universitas Negeri Malang

Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Referensi

Arifin, Z.2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Basuki, I. & Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Budimansyah, D. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung : PT Genesindo.

Hamalik, O.. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Jailani. 2012. Rancangan Model Penilaian Portofolio Di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. XII No. 2.

Nasution, N. & Suryanto, A. 2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Setiani, F. 2011. Pengembangan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 15 No 2.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surapranata, S. & Hatta, M. 2004. Penilaian Portofolio. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zainul, A. 2001. Alternative Assessment. Jakarta: Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-04

Cara Mengutip

Sukoriyanto, S. (2018). Pendampingan Penggunaan Asesmen Portofolio Untuk Memonitor Kemajuan Mahasiswa PPL Bagi Guru Pembimbing. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 8(1), 23–29. Diambil dari https://ojs.uninus.ac.id/JPKM/article/view/181

Terbitan

Bagian

ARTIKEL PENGABDIAN

Citation Check

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.