DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BERPANGKAT BERBANTUAN PERMAINAN MATCHING-OPERATION UNTUK MEMFASILITASI RETENSI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Lilis Patimah Lilis Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Farhan Maulana Muslim SMP Al Biruni Cerdas Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ujmes.v9i2.3205

Keywords:

Game-Based Learning, Learning Design, Ranked Numbers, Matching-Operation Game, Retention and Interest in Learning

Abstract

This study aims to develop a learning design for rank numbers with the help of Matching-Operation game to facilitate students' retention and interest in learning. This research uses Design Research method with ADDIE design. The results showed that the learning design of power numbers with the help of the Matching-Operation game was included in the very valid category. Retention and interest in learning of students fall into the high and very high categories after carrying out the learning process using the Matching-Operation game. Based on these results, it can be concluded that the learning design of power numbers with the help of the Matching-Operation game can facilitate students' retention and interest in learning.

References

Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Metode Penelitian. July, 1–23.

Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1-13.

Angelina, I. R. (2022). Bilangan berpangkat - Pengertian, Sifat, Operasi, dan Contoh Soal. [Online]. Tersedia di: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/bilangan-berpangkat-pengertian-sifat-operasi-dan-contoh-soal. [26 April 2024].

Anisah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (Core) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. (Doctoral dissertation, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Ardiansyah, M., & Hertianto, H. (2023). Pengembangan Permainan Edukatif Trigonometri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK di Kota Batam. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1082–1090. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.7946

BatuBara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518

Beny Maulana, M. (2022). Pengaruh Tugas Online Terhadap Minat Belajar Siswa Smp 8 Muhammadiyah Kemangkon Kabupaten Purbalingga. (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh. Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124–130. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885

Fajriyah, N. L. (2019). Pengembangan Instruksional Design Mata Pelajaran Fiqh Kelas Vi Dengan Model Addie Di Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Tarbawi, 16(2), 35–54.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edusain, 4.

Firdayanti, F., Asfar, A. I. T., Asfar, A. I. A., & Ulfayanti, U. (2019). Peningkatan Kemampuan Retensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Number Head Together. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), (pp. 435-.

Hartanto, setyo, & Purwanto, S. (2019). Supervisi dan penilaian kinerja guru.

Haryono, O.?: (2017). Aplikasi Teori Belajar Dalam Desain Pembelajaran. 1–11.

Hascan, M. A., & Suyadi, S. (2021). Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP di SIT Bina Insan Batang Kuis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 138–146. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1548

Husna, S. (2019). Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. (Doctoral Dissertation, IAIN Kudus).

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2014). Analisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (studi kasus eks-karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Martha, S. (2019). Pengaruh media permainan monopoli pada pembelajaran kooperatif teknik teams game tournament (tgt) terhadap retensi peserta didik (Issues 19-Aug-2019).

Martini, M., Ismet, I., & Wiyono, K. (2021). Desain Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Pelajaran Fisika SMA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 59–71. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.1186

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Maulidina, M. A., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4 (2), 113–118.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indoneisa (JPPPI), 1–15.

Miranda, P. H., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2018). Perancangan Buku Komik sebagai Media Informasi Mengenai Dampak Game Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7259

Muhammad, I., Triansyah, F. A., Fahri, A., & Gunawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Game-Based Learning pada Sekolah Menengah 2005-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 465–479. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.301

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Oktaviandi, M. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Retensi Dan Berpikir Kritis. (Doctoral Dissertation, Uin Mataram).

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka.

Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.286

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718

Priyaningsih, S., & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Prisma, 9(2), 146-153.

Purba, M. M. B. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 060937 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Putera, J., & Yulita. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XII MIPA 2 SMAN 21 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Putrawangsa, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

Putri, A. Y., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2020). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Komputer pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 133–143. https://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2392

Putri Nabila Oktarina, Nurkeke Fitriani Kudadiri, & Asril Ramadhan. (2022). Analisis Kejenuhan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Perpangkatan (Bilangan Berpangkat, Perkalian Dan Pembagian Pada Perpangkatan) Secara Daring. Educenter?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i1.8

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Setiawan, A., Susarto, S., & Indrawati, I. (2021). Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika Sma?: Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 3–8.

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Shahifa, A. R. A. (2022). Desain Pembelajaran Translasi Melalui Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.

Siregar, S. (2020). Pembelajaran Sistem Ekskresi dengan Metode Mnemonik untuk Meningkatkan Retensi (Daya Ingat) dan Hasil Belajar Siswa. Serambi Konstruktivis, 2(1), 77–83. https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v2i1.2190

Siskandi Novia Guswita, A. M. (2021). Guru Ajarkan Konsep Matching Siswa SLB Autisma YPPA Padang. [Online]. Tersedia di: https://www.slbautisma-yppapadang.sch.id/sastra/detail/155844/guru-ajarkan-konsep-matching-siswa-slb-autisma-yppa-padang/#:~:text=Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,cocok tidaknya ( benar tidaknya ). [03 Desember 2023].

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Surur, A. M. (2020). RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif (Issue July). CV. AA RIZKY.

Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742

Ulfah, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, And Answering) Terhadap Retensi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Virus (Studi Eksperimen Di Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Cihaurbeuti, Tahun Ajaran 2019/2020). (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Wahyuningsih, D., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Board Game “Zathura Mathematics” Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 46–55. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22493

Widianti, Casilta. Tarmizi, M. G., & Rizqi, P. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas XI SMAN 55 Jakarta Tahun Ajaran 2022 / 2023. 1(3).

Wijaya, D. E., Auliasari, K., & Zahro, H. Z. (2021). KOMBINASI METODE METODE FINITE STATE MACHINE DAN GAME - BASED LEARNING PADA GAME “ ESCAPE FROM COV-MADNESS .” 5(1).

Wijayanti, M. T., & Lutfi, A. (2021). Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 269–276. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.269-276

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88

Yasin, M., & Netriwati, N. (2019). Analisis Kesulitan Belajar?: Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.2040

Yusri, D. W. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Metode Penelitian. July, 1–23.

Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1-13.

Angelina, I. R. (2022). Bilangan berpangkat - Pengertian, Sifat, Operasi, dan Contoh Soal. [Online]. Tersedia di: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/bilangan-berpangkat-pengertian-sifat-operasi-dan-contoh-soal. [26 April 2024].

Anisah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (Core) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. (Doctoral dissertation, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Ardiansyah, M., & Hertianto, H. (2023). Pengembangan Permainan Edukatif Trigonometri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK di Kota Batam. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 1082–1090. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i2.7946

BatuBara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1518

Beny Maulana, M. (2022). Pengaruh Tugas Online Terhadap Minat Belajar Siswa Smp 8 Muhammadiyah Kemangkon Kabupaten Purbalingga. (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh. Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124–130. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885

Fajriyah, N. L. (2019). Pengembangan Instruksional Design Mata Pelajaran Fiqh Kelas Vi Dengan Model Addie Di Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Tarbawi, 16(2), 35–54.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edusain, 4.

Firdayanti, F., Asfar, A. I. T., Asfar, A. I. A., & Ulfayanti, U. (2019). Peningkatan Kemampuan Retensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Number Head Together. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), (pp. 435-.

Hartanto, setyo, & Purwanto, S. (2019). Supervisi dan penilaian kinerja guru.

Haryono, O.?: (2017). Aplikasi Teori Belajar Dalam Desain Pembelajaran. 1–11.

Hascan, M. A., & Suyadi, S. (2021). Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP di SIT Bina Insan Batang Kuis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 138–146. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1548

Husna, S. (2019). Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak di Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. (Doctoral Dissertation, IAIN Kudus).

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2014). Analisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (studi kasus eks-karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Martha, S. (2019). Pengaruh media permainan monopoli pada pembelajaran kooperatif teknik teams game tournament (tgt) terhadap retensi peserta didik (Issues 19-Aug-2019).

Martini, M., Ismet, I., & Wiyono, K. (2021). Desain Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Pelajaran Fisika SMA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 59–71. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.1186

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Maulidina, M. A., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4 (2), 113–118.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indoneisa (JPPPI), 1–15.

Miranda, P. H., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2018). Perancangan Buku Komik sebagai Media Informasi Mengenai Dampak Game Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7259

Muhammad, I., Triansyah, F. A., Fahri, A., & Gunawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Game-Based Learning pada Sekolah Menengah 2005-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 465–479. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.301

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Oktaviandi, M. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Retensi Dan Berpikir Kritis. (Doctoral Dissertation, Uin Mataram).

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka.

Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.286

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718

Priyaningsih, S., & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Prisma, 9(2), 146-153.

Purba, M. M. B. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 060937 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Putera, J., & Yulita. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XII MIPA 2 SMAN 21 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Putrawangsa, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

Putri, A. Y., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2020). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Komputer pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 133–143. https://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2392

Putri Nabila Oktarina, Nurkeke Fitriani Kudadiri, & Asril Ramadhan. (2022). Analisis Kejenuhan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Perpangkatan (Bilangan Berpangkat, Perkalian Dan Pembagian Pada Perpangkatan) Secara Daring. Educenter?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i1.8

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Setiawan, A., Susarto, S., & Indrawati, I. (2021). Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika Sma?: Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 3–8.

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Shahifa, A. R. A. (2022). Desain Pembelajaran Translasi Melalui Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.

Siregar, S. (2020). Pembelajaran Sistem Ekskresi dengan Metode Mnemonik untuk Meningkatkan Retensi (Daya Ingat) dan Hasil Belajar Siswa. Serambi Konstruktivis, 2(1), 77–83. https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v2i1.2190

Siskandi Novia Guswita, A. M. (2021). Guru Ajarkan Konsep Matching Siswa SLB Autisma YPPA Padang. [Online]. Tersedia di: https://www.slbautisma-yppapadang.sch.id/sastra/detail/155844/guru-ajarkan-konsep-matching-siswa-slb-autisma-yppa-padang/#:~:text=Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,cocok tidaknya ( benar tidaknya ). [03 Desember 2023].

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Surur, A. M. (2020). RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif (Issue July). CV. AA RIZKY.

Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742

Ulfah, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, And Answering) Terhadap Retensi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Virus (Studi Eksperimen Di Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Cihaurbeuti, Tahun Ajaran 2019/2020). (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Wahyuningsih, D., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Board Game “Zathura Mathematics” Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 46–55. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22493

Widianti, Casilta. Tarmizi, M. G., & Rizqi, P. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas XI SMAN 55 Jakarta Tahun Ajaran 2022 / 2023. 1(3).

Wijaya, D. E., Auliasari, K., & Zahro, H. Z. (2021). KOMBINASI METODE METODE FINITE STATE MACHINE DAN GAME - BASED LEARNING PADA GAME “ ESCAPE FROM COV-MADNESS .” 5(1).

Wijayanti, M. T., & Lutfi, A. (2021). Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 269–276. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.269-276

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88

Yasin, M., & Netriwati, N. (2019). Analisis Kesulitan Belajar?: Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.2040

Yusri, D. W. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles

Citation Check