Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULIS

 

Template

Aturan penulisan selengkapnya dapat dilihat dan diunduh melalui tautan menu sidebar pada halaman utama / beranda. Template tersebut merupakan template baru yang digunakan mulai tahun 2023, sebelumnya menggunakan template lama. Template UJMES mengalami perubahan karena adanya penambahan DOI dan isi template dibuat lebih informatif pada aturan penulisan dan konten artikel.

Pedoman Umum dan Layouts

Naskah merupakan naskah asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil penelitian, kajian kepustakaan dan ulasan ilmiah lainnya.

Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism.

Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 8-15 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1 spasi, Word tahun 2003 ke atas, Garamond, font size 10, margin atas, bawah, kanan, dan kiri 2 cm.

Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

  1. Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 12 kata font size 12, dan harus mencerminkan substansi kependidikan
  2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan urutan yang sama.
  3. Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal mulai dari prodi, universitas, alamat dan e-mail korespondensi yang letaknya di bawah nama penulis.
  4. Abstrak: Panjang abstrak maksimal 200 kata berbahasa inggris, dalam satu paragraf, dan tidak melebihi 1 halaman. Penulisan menggunakan jenis huruf garamond ukuran 10 poin, miring dan tidak tebal, rata kanan-kiri (justify). Pada abstrak tidak menggunakan atau tidak memuat karakter khusus, simbol atau rumus matematika. Abstrak harus jelas, deskriptif dan memberikan gambaran utuh namun singkat tentang masalah yang diteliti. Abstrak harus memuat latar belakang masalah, urgensi penelitian, tujuan, metode dan ringkasan singkat hasil penelitian, dan diakhiri dengan simpulan singkat. Abstrak wajib ditulis dalam Bahasa Inggris.
  5. Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan yang terdiri atas beberapa kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Jumlah kata kunci 3-5 kata/kumpulan kata. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan hindari penggunaan singkatan.
  6. Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel terdiri atas pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis yang didasari oleh kajian teori, sub-sub judul yang berisi metode penelitian, asil dan pembahasan, serta simpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan pembahasan (60%), serta kesimpulan (5%). Pembahasan harus merujuk referensi primer dan mutakhir. 

    Pendahuluan ditulis seperti piramida terbalik, berisi pemaparan dari umum ke khusus mengenai pentingnya topik dan masalah yang harus dipecahkan dalam penelitian serta menyampaikan fakta mengenai topik yang dibahas berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang relevan dan mutakhir atau teori yang sudah ada. Selanjutnya, peneliti mengidentifikasi gap antara masalah penelitian dengan fakta yang diperoleh dan memberikan rekomendasi untuk mengisi gap tersebut sehingga muncul keunggulan atau keunikan dari artikel. Pada bagian akhir pendahuluan, disampaikan tujuan dan hipotesis penelitian. Pada bagian ini, penulis merujuk minimal 10 artikel dari jurnal ilmiah dengan kurun waktu publikasi minimal 10 tahun terakhir. Sebagai contoh, misalkan artikel dengan judul "Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika", Pada bagian pendahuluan dapat dituliskan mengenai Teknologi dan Pendidikan (paragraf pertama dan kedua dilengkapi dengan rujukan), Game Edukasi (paragraf ketiga dan keempat dilengkapi dengan rujukan), Game Android (paragraf kelima mengidentifikasi penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dan mutakhir dari artikel jurnal nasional atau internasional sehingga memunculkan gap penelitian), RPG (paragraph keenam memunculkan keunggulan dan keunikan artikel), dan tujuan penelitian (sebagai penutup pendahuluan).

    Metode menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan selama penelitian. Pada bagian ini, tidak dibenarkan untuk menuliskan definisi dari istilah yang sudah umum diketahui (Contoh: Valid, Instrumen, Sampel, dsb). Perlu diperhatikan bahwa untuk artikel hasil penelitian maka metode penelitian harus dikemukakan dengan jelas meliputi proses dan rinciannya. Metode penelitian memuat tempat, subjek penelitian, deskripsi cara memperoleh data yang disertai dengan penjelasan serta metode yang digunakan dalam menganalisis data.

    Hasil dan pembahasan merupakan inti dari sebuah artikel, ditulis tidak terpisah dan dituliskan secara jelas dan memenuhi aspek scientific merit (unsur what/how?why?, dan what else?Paparkan data yang telah diperoleh secara jelas dan ringkas, dapat berupa tabel, gambar atau diagram. Pada bagian pembahasan, penulis harus mengaitkan dengan cara melakukan pembandingan hasil penelitian dengan teori atau penelitian lain yang relevan dan mutakhir. Paparkan pembahasan sesuai dengan urutan tujuan penelitian. Apabila hasil penelitian berbeda dengan penelitian lain yang relevan, penulis perlu untuk memaparkan mengapa hal tersebut terjadi.

    Simpulan ditulis singkat, padat dan menjawab tujuan dari artikel dan dapat disertai dengan rekomendasi penelitian, simpulan ditulis dengan paragraf, tidak dengan nomor.

  7. Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber. Ucapan terima kasih bersifat optional, dapat dituliskan ataupun tidak.
  8. Daftar Pustaka: mengunakan minimal 10 rujukan dari sumber primer (jurnal nasional dan/atau internasional yang relevan dan mutakhir diatas tahun 2010) untuk menegaskan kontribusi berkualitas tinggi bagi pengembangan pengetahuan dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Kutipan dan rujukan harus benar-benar mengikuti gaya APA (American Psychological Association). Gaya APA dapat dilihat di http://www.apastyle.org/pubmanual.html. Penulisan kutipan dan rujukan juga harus menggunakan aplikasi mendeley (https://www.mendeley.com/). Tidak dibenarkan merujuk dari website, blog dan sejenisnya.

Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun. Contoh: (Delima, 2012), atau Delima (2012). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Noto (Hartono, 2012). Penulisan daftar pustaka menggunakan jenis huruf Palatino Linotype 12 pt dengan spasi 1, ditulis urut abjad dan baris kedua menjorok 1 cm dari baris pertama, dengan aturan penulisan sumber kepustakaan seperti buku dan berkala ilmiah sesuai contoh di bawah ini.

Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Berikut ini adalah cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber.

Buku Penulis tunggal

Baxter, C. (1997). Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindal.

Buku Penulis dua atau tiga

Dunkin, M.J. dan Biddle, B.J. (1974). The Study of Teaching. New York: Holt Rinehart and Winston.

Buku Penulis berupa tim atau lembaga

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and Statistical manual of mental disorders 4th ed. Washington DC: Author.

Buku Bukan edisi pertama

Mitchell, T.R., & Larson, J.R. (1987). People in Organizations: An Introduction to Organizational Behavior 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Buku berseri/multi volume (editor sebagai penulis)

Koch, S. (Ed,). (1959-1963). Psychology: A Study of Science (Vol. 1-6). New York: McGraw-Hill.

Buku Terjemahan

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaa, Implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah). Jakarta: Prehanlindo.

Artikel (bab) dalam buku yang diedit

Eiser, S., Redpath, A., & Roges, N. (1987). Outcomes of Early Parenting: Knowns and Unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). logical thingking in children (pp.58-57). New York: Springer.

Makalah seminar, konferensi, dan sjenisnya

Crespo, C,J. (1998). Update on National Data on Asthma. Paper presented at the meeting of the National Asthma Education and Preventation Program, March. New York: Springer.

Artikel Jurnal

Clark, L.A., Konchanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers Personality and Its Interaction with Child Temperament as Predictors of Parenting Behavour. Journal of Personality and Social Psycology Vol. 1 (2), 274-285.

Artikel majalah

Greenberg, G. (2001, August 13). As Good as Dead: Is There Really Such a Thing as Brain Death?. New York Bulletin, 36-41.

Resensi buku dalam jurnal

Grabill, C. M., & Kaslow, N. J. (1999). Anounce of prevention: improving children’s mental health for the 21st century [Review of the book Handbook of prevention with children and adolescents]. Journal of Clinica Child Psychology, 1 (28), 115-116.

Dokumen

NAACP (1999). Calls for Presidential Order to Halt Police Brutality Crisis. Amerika: NCTM.

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

Internet
OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? (online), (http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.), diakses 26 Maret 2012.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.