PENINGKATAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 5 SERUWAY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

Authors

  • Rina Andreyanti Universitas Samudra, Indonesia
  • Saiman Saiman Universitas Samudra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/ujmes.v8i1.2459

Keywords:

Mathematical Literacy, Missouri Mathematics Project (MMP), One-Group Pretest-Posttest Design.

Abstract

Research. It's purposeful. to be able to know. the existence of increasing the mathematical literacy of students in grades VII-1 of SMP Negeri 5 Seruway after experiencing learning using the Missouri Mathematics Project (MMP) learning model. The design in this study One-Group Pretest-Posttest Design. The research sample used was students in grades VII-1 of junior high school. Land 5 Seruway. The technique.. used to collect data, namely pre-test and post-test.Based on the results of hypothesis testing,  =2,048 and =36.7 were obtained, so that >  (36.7 > 2,048) with a significant level of 5% so that  not rejected and rejected, this means that there is an increase in the mathematical literacy of students after experiencing learning using the MMP learning model at SMP Negeri 5 Seruway.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriyani, Ety. 2020. Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIS Margasari 01 Sidorejo Cilacap. Skripsi IAIN Purwokerto.

Huzaipah, Sarah. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ismawarni, Uut. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis di Tinjau dari Self Confidence. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Isrok'atun dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamil, Nur Asiyah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Literasi Matematis dan Burnout. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Masjaya dan Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematis untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA. Vol 1, 2018.

EOCD. 2018. PISA 2018 Programme For Internasional Student Assesment. OECD Publishing Paris.

Priyanda, Roni. 2019. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Kontekstual dan Model Direct Instruction di Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Dimensi Matematika. Vol. 2, No. 2, Juli 2019.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, M, Muhammad Darwis dan Side, Syafruddin. 2018. Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Eprints repository software Uiversitas Negeri Makasar, hal 3.

EOCD. 2018. PISA 2018 Programme For Internasional Student Assesment. OECD Publishing Paris.

Priyanda, Roni. 2019. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Kontekstual dan Model Direct Instruction di Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Dimensi Matematika. Vol. 2, No. 2, Juli 2019.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, M, Muhammad Darwis dan Side, Syafruddin. 2018. Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Eprints repository software Uiversitas Negeri Makasar, hal 3.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriyani, Ety. 2020. Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIS Margasari 01 Sidorejo Cilacap. Skripsi IAIN Purwokerto.

Huzaipah, Sarah. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ismawarni, Uut. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis di Tinjau dari Self Confidence. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Isrok'atun dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamil, Nur Asiyah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Literasi Matematis dan Burnout. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Masjaya dan Wardono. 2018. Pentingnya Kemampuan Literasi Matematis untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA. Vol 1, 2018.

EOCD. 2018. PISA 2018 Programme For Internasional Student Assesment. OECD Publishing Paris.

Priyanda, Roni. 2019. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Kontekstual dan Model Direct Instruction di Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Dimensi Matematika. Vol. 2, No. 2, Juli 2019.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, M, Muhammad Darwis dan Side, Syafruddin. 2018. Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Eprints repository software Uiversitas Negeri Makasar, hal 3.

Yolanda, Dilla Desvi. 2020. Pemahaman Konsep Matematika dengan Metode Discovery. Indonesia: Guepedia.

Downloads

Published

2023-03-28

Citation Check