PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140Keywords:
Wordwall Educational Game Media, Motivation, Learning OutcomesAbstract
References
Adita, A., Kusuma, A. B., & Risnani, L. Y. 2017. Analisis Kebutuhan Game Edukasi MIPA. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 86-91.
Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.
Annur, M. F., & Hermansyah, H. 2020. Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195-201.
Auliya, A. 2021. Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII (Doctoral Dissertation, Uin Fas Bengkulu).
Badriyah, U. 2017. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas vii-a mts aziddin Medan tp 2016-2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Bate'e, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika SD Negeri 4 Idanogawo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Cyntia, V. C. 2021. Pengaruh Pengunaan Media Game Kahoot Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Dirgantoro, K. P. S. 2018. Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166.h
Fajri, I., & Afriansyah, H. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.
Fuad, N. 2021. Penerapan media pembelajaran online berbasis game edukasi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematis peserta didik kelas VI A SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Maghfiroh, K. 2018. Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64-70.
Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. 2020. Pengembangan dan Uji Kelayakan Game Edukasi Digital sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas X Pada Materi Animalia. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 90-104.
Munawaroh, L. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan Dengan Model Talking Stick Pada Siswa Kelas VII A Mts Maarif Kejajar Wonosobo Skripsi (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).
Ningsih, G. W. 2020. Game Edukasi Sejarah di Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
Putri, F. M. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Rafika, R. 2021. Pengaruh penggunaan media game edukasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa SMP Al-Rifa'ie (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Setiawan, A. 2010. Pengaruh startegi berhitung (deferent strategies) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi bilangan bulats.
Sidu. Kamis, 22 Oktober 2020. Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir. [Online], tersedia : https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir [01 desember 2021].
Siswoyo, B. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(2), 89-103.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Umniah, H. F. 2018. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Widarta, G. M. A. 2020. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141.
Yelvia, S. 2019. Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).