PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDAHULUAN VEKTOR TERKAIT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2132Keywords:
Teaching Module, Problem-Based Learning, Vector Material, Ability Creative ThinkingAbstract
References
Anggraeni, I., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Open Ended, 1(5), 903–914.
Anton, H. (1987). Aljabar Linear Elementer. Jakarta: Erlangga.
Arigiyati dkk. (2019). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematik. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, vol 2, hal 23-29.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Indriati, K. (2019). Matriks, Vektor, dan Program Linier. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Kemendikbudristek. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 1117 Tahun 2020 Tentang Program Sekolah Penggerak. Sekretariat negara. Jakarta.
Maharani, H. (2014). Creative Thinking In Mathematics: Are We Able To Solve Mathematical Problems In A Variety Of Way? International Conference on Mathematics, Sciense, and Education.
Makarim, A. N. (2020). Pemaparan program guru dalam peluncuran merdeka belajar episode 5 tentang “Guru Penggerak.” https://youtu.be/X6vP4AkEsLM.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurlaela, L. dkk. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (Tim (ed.); Revisi). Media Guru.
Prasetiyo, A.D & Mubarokah, L. (2014). Berpikir Kreatif Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2. http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Berpikir-Kreatif-Siswa-Dalam-Penerapan-Model-Pembelajaran-Berdasar--Masalah-Matematika.pdf.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research.Enschede. Netherlands Institute for Curriculum Development.
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano.
Suastika & Rahmawati. (2019). “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual”. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(2), 58-61.
Suryana, A. & S. (2019). Advanced Mathematical Thinking dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Lanjut. Kajian Pendidikan Matematika, 5.
Syahrir dan Susilawati, (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Mandala Nursa: Jurnal Pendidikan, hal 165.
Talajan, G. (2012). Muenumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.