Integrasi Nilai-Nilai Ibadurrahman dalam Surat Al-Furqon Untuk Pengembangan Guru Profesional Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i2.3516Keywords:
Ibadurrahman, Karakter Guru, Pendidikan Islam, Surah Al-FurqanAbstract
Kualitas karakter seorang guru memainkan peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia. Namun, meskipun telah banyak upaya untuk meningkatkan pendidikan, masih ada kesenjangan yang signifikan dalam pengembangan karakter di antara para guru. Penelitian ini mengeksplorasi integrasi nilai-nilai Ibadurrahman dari Surat Al-Furqan dalam mengembangkan karakter guru yang profesional, dengan menekankan kerendahan hati, kesabaran, integritas, dan komitmen terhadap kebenaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui tinjauan literatur, mensintesiskan teori-teori pendidikan Islam dan penelitian-penelitian terdahulu tentang pengembangan karakter. Data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang membahas nilai-nilai Ibadurrahman dan implikasinya terhadap standar pengajaran profesional. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru yang mewujudkan nilai-nilai Ibadurrahman menunjukkan profesionalisme yang lebih tinggi dan integritas etika yang lebih kuat. Dibandingkan dengan model pendidikan karakter Islam lainnya, Ibadurrahman menawarkan kerangka kerja yang holistik, yang mengintegrasikan dimensi spiritual, moral, dan sosial dalam pengembangan guru. Studi ini menyoroti bahwa mengintegrasikan nilai-nilai ini ke dalam program pelatihan guru dapat meningkatkan efektivitas pedagogis dan kepemimpinan moral di sekolah. Namun, studi empiris diperlukan untuk menilai dampak nyata dari prinsip-prinsip ini pada guru dan siswa. Studi ini berkontribusi pada literatur pendidikan Islam dengan mengusulkan kerangka kerja berbasis Al-Qur'an untuk pembentukan karakter guru, mendorong penelitian lebih lanjut tentang implementasi praktisnya.
References
Anwar, S. (2020). Konsep Manusia Sempurna Menurut Muhammad Taqî Misbâh Yazdî. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 4(1). https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i1.9330
Az-Zuhaili, W. (2015). Tafsir Al-Munir Aqidah-Syariah Manhaj (Al-Furqan-Al-Ankabut) Juz 19 & 20.
Aziz, R., Novezry, A. R., Siswoyo, S. R., Mustofa, M. H., & Hady, M. (2021). Students’ Social Care During the COVID-19 Pandemic: How Do School and Family Make Collaboration to Develop It? Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.36911
B. Mathew Miles dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Erihadiana, M. (2023). Profil Pemahaman Guru Terhadap Komponen Mutu Guru Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2464
Giwangsa, S. F., Maftuh, B., Supriatna, M., & Ilfiandra, I. (2022). The Role of Character Education Programme in Developing Students’ Cognitive and Non-Cognitive Abilities and Teachers’ Competencies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(12), 4477–4490. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8026
Hamka. (1984). Tafsir Al-Azhar (Jilid XV). Pustaka Panjimas.
Ishak, S. N. S., & Suyatno, S. (2020). Teacher Performance, Parent’s Role, and Student Learning Outcomes in Muhammadiyah Junior High School. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 529–539. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080224
Khadijah, I., & Mauludin, H. (2024). Penguatan Konsep Fitrah dalam Pendidikan Agama Islam melalui Kerangka Merdeka Belajar. An-nida: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3468
Nazifah, R. (2023). The Influence of Teacher Ethics in Forming the Character of Primary School Students. International. J. Of. Hum. Educ. Soc. Sci, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.58578/ijhess.v1i1.1848
Nugroho, M. T., & Nurdin, N. (2021). Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (Jee), 1(3), 91–95. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.136
Rofi’i, M. A. (2024). Sincerity and Devotion-Based Education. Syaikhuna Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 15(01), 34–47. https://doi.org/10.62730/syaikhuna.v15i01.7308
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308
Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.
Rusman, A. A., & Riadi, A. (2021). Sinkronisasi Pendidikan Karakter Dan Toleransi Masyarakat Di Desa Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2033
Saridudin, S., & Ta’rif, T. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Professional-Religius Pada Jamaah Majelis Taklim Shirotol Mustaqim Semarang. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 317–332. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1002
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Syarnubi, S., Mansir, F., Purnomo, M. E., Harto, K., & Hawi, A. (2021). Implementing Character Education in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–94. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.8449
Tabroni, I., Paisal, A., Suci, R. A., & Zakiyah. (2022). Character Establishment Through Islamic Religious Education. Education Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.97
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521
Wahyuni, A., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Biodik, 7(4), 107–114.
Anwar, S. (2020). Konsep Manusia Sempurna Menurut Muhammad Taqî Misbâh Yazdî. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 4(1). https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i1.9330
Az-Zuhaili, W. (2015). Tafsir Al-Munir Aqidah-Syariah Manhaj (Al-Furqan-Al-Ankabut) Juz 19 & 20.
Aziz, R., Novezry, A. R., Siswoyo, S. R., Mustofa, M. H., & Hady, M. (2021). Students’ Social Care During the COVID-19 Pandemic: How Do School and Family Make Collaboration to Develop It? Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.36911
B. Mathew Miles dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Erihadiana, M. (2023). Profil Pemahaman Guru Terhadap Komponen Mutu Guru Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2464
Giwangsa, S. F., Maftuh, B., Supriatna, M., & Ilfiandra, I. (2022). The Role of Character Education Programme in Developing Students’ Cognitive and Non-Cognitive Abilities and Teachers’ Competencies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(12), 4477–4490. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8026
Hamka. (1984). Tafsir Al-Azhar (Jilid XV). Pustaka Panjimas.
Ishak, S. N. S., & Suyatno, S. (2020). Teacher Performance, Parent’s Role, and Student Learning Outcomes in Muhammadiyah Junior High School. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 529–539. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080224
Khadijah, I., & Mauludin, H. (2024). Penguatan Konsep Fitrah dalam Pendidikan Agama Islam melalui Kerangka Merdeka Belajar. An-nida: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3468
Nazifah, R. (2023). The Influence of Teacher Ethics in Forming the Character of Primary School Students. International. J. Of. Hum. Educ. Soc. Sci, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.58578/ijhess.v1i1.1848
Nugroho, M. T., & Nurdin, N. (2021). Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (Jee), 1(3), 91–95. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.136
Rofi’i, M. A. (2024). Sincerity and Devotion-Based Education. Syaikhuna Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 15(01), 34–47. https://doi.org/10.62730/syaikhuna.v15i01.7308
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308
Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.
Rusman, A. A., & Riadi, A. (2021). Sinkronisasi Pendidikan Karakter Dan Toleransi Masyarakat Di Desa Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2033
Sani dkk. (2021). https://tafsir.learn-quran.co/. Yayasan Learn Quran.
Saridudin, S., & Ta’rif, T. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Professional-Religius Pada Jamaah Majelis Taklim Shirotol Mustaqim Semarang. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 317–332. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1002
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Syarnubi, S., Mansir, F., Purnomo, M. E., Harto, K., & Hawi, A. (2021). Implementing Character Education in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–94. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.8449
Tabroni, I., Paisal, A., Suci, R. A., & Zakiyah. (2022). Character Establishment Through Islamic Religious Education. Education Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.97
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521
Wahyuni, A., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Biodik, 7(4), 107–114. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14659
zahra, S. F. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Di Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Elnty, 2(2), 52–57. https://doi.org/10.55210/elementary.v2i2.443
Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).