Integrasi Nilai-Nilai Ibadurrahman dalam Surat Al-Furqon Untuk Pengembangan Guru Profesional Pendidikan Karakter

Authors

  • Ridwan Taufiq Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Adji Wahab Wahyudi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Getta Sitti Assyah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Lulu Alawiyah Nurillah Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i2.3516

Keywords:

Ibadurrahman, Karakter Guru, Pendidikan Islam, Surah Al-Furqan

Abstract

Kualitas karakter seorang guru memainkan peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia. Namun, meskipun telah banyak upaya untuk meningkatkan pendidikan, masih ada kesenjangan yang signifikan dalam pengembangan karakter di antara para guru. Penelitian ini mengeksplorasi integrasi nilai-nilai Ibadurrahman dari Surat Al-Furqan  dalam mengembangkan karakter guru yang profesional, dengan menekankan kerendahan hati, kesabaran, integritas, dan komitmen terhadap kebenaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui tinjauan literatur, mensintesiskan teori-teori pendidikan Islam dan penelitian-penelitian terdahulu tentang pengembangan karakter. Data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang membahas nilai-nilai Ibadurrahman dan implikasinya terhadap standar pengajaran profesional. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa guru yang mewujudkan nilai-nilai Ibadurrahman menunjukkan profesionalisme yang lebih tinggi dan integritas etika yang lebih kuat. Dibandingkan dengan model pendidikan karakter Islam lainnya, Ibadurrahman menawarkan kerangka kerja yang holistik, yang mengintegrasikan dimensi spiritual, moral, dan sosial dalam pengembangan guru. Studi ini menyoroti bahwa mengintegrasikan nilai-nilai ini ke dalam program pelatihan guru dapat meningkatkan efektivitas pedagogis dan kepemimpinan moral di sekolah. Namun, studi empiris diperlukan untuk menilai dampak nyata dari prinsip-prinsip ini pada guru dan siswa. Studi ini berkontribusi pada literatur pendidikan Islam dengan mengusulkan kerangka kerja berbasis Al-Qur'an untuk pembentukan karakter guru, mendorong penelitian lebih lanjut tentang implementasi praktisnya.

References

Anwar, S. (2020). Konsep Manusia Sempurna Menurut Muhammad Taqî Misbâh Yazdî. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 4(1). https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i1.9330

Az-Zuhaili, W. (2015). Tafsir Al-Munir Aqidah-Syariah Manhaj (Al-Furqan-Al-Ankabut) Juz 19 & 20.

Aziz, R., Novezry, A. R., Siswoyo, S. R., Mustofa, M. H., & Hady, M. (2021). Students’ Social Care During the COVID-19 Pandemic: How Do School and Family Make Collaboration to Develop It? Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.36911

B. Mathew Miles dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Erihadiana, M. (2023). Profil Pemahaman Guru Terhadap Komponen Mutu Guru Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2464

Giwangsa, S. F., Maftuh, B., Supriatna, M., & Ilfiandra, I. (2022). The Role of Character Education Programme in Developing Students’ Cognitive and Non-Cognitive Abilities and Teachers’ Competencies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(12), 4477–4490. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8026

Hamka. (1984). Tafsir Al-Azhar (Jilid XV). Pustaka Panjimas.

Ishak, S. N. S., & Suyatno, S. (2020). Teacher Performance, Parent’s Role, and Student Learning Outcomes in Muhammadiyah Junior High School. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 529–539. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080224

Khadijah, I., & Mauludin, H. (2024). Penguatan Konsep Fitrah dalam Pendidikan Agama Islam melalui Kerangka Merdeka Belajar. An-nida: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3468

Nazifah, R. (2023). The Influence of Teacher Ethics in Forming the Character of Primary School Students. International. J. Of. Hum. Educ. Soc. Sci, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.58578/ijhess.v1i1.1848

Nugroho, M. T., & Nurdin, N. (2021). Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (Jee), 1(3), 91–95. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.136

Rofi’i, M. A. (2024). Sincerity and Devotion-Based Education. Syaikhuna Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 15(01), 34–47. https://doi.org/10.62730/syaikhuna.v15i01.7308

Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Rusman, A. A., & Riadi, A. (2021). Sinkronisasi Pendidikan Karakter Dan Toleransi Masyarakat Di Desa Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2033

Saridudin, S., & Ta’rif, T. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Professional-Religius Pada Jamaah Majelis Taklim Shirotol Mustaqim Semarang. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 317–332. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1002

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Syarnubi, S., Mansir, F., Purnomo, M. E., Harto, K., & Hawi, A. (2021). Implementing Character Education in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–94. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.8449

Tabroni, I., Paisal, A., Suci, R. A., & Zakiyah. (2022). Character Establishment Through Islamic Religious Education. Education Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.97

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521

Wahyuni, A., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Biodik, 7(4), 107–114.

Anwar, S. (2020). Konsep Manusia Sempurna Menurut Muhammad Taqî Misbâh Yazdî. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 4(1). https://doi.org/10.15575/jaqfi.v4i1.9330

Az-Zuhaili, W. (2015). Tafsir Al-Munir Aqidah-Syariah Manhaj (Al-Furqan-Al-Ankabut) Juz 19 & 20.

Aziz, R., Novezry, A. R., Siswoyo, S. R., Mustofa, M. H., & Hady, M. (2021). Students’ Social Care During the COVID-19 Pandemic: How Do School and Family Make Collaboration to Develop It? Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.36911

B. Mathew Miles dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Erihadiana, M. (2023). Profil Pemahaman Guru Terhadap Komponen Mutu Guru Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2464

Giwangsa, S. F., Maftuh, B., Supriatna, M., & Ilfiandra, I. (2022). The Role of Character Education Programme in Developing Students’ Cognitive and Non-Cognitive Abilities and Teachers’ Competencies. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(12), 4477–4490. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i12.8026

Hamka. (1984). Tafsir Al-Azhar (Jilid XV). Pustaka Panjimas.

Ishak, S. N. S., & Suyatno, S. (2020). Teacher Performance, Parent’s Role, and Student Learning Outcomes in Muhammadiyah Junior High School. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 529–539. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080224

Khadijah, I., & Mauludin, H. (2024). Penguatan Konsep Fitrah dalam Pendidikan Agama Islam melalui Kerangka Merdeka Belajar. An-nida: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3468

Nazifah, R. (2023). The Influence of Teacher Ethics in Forming the Character of Primary School Students. International. J. Of. Hum. Educ. Soc. Sci, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.58578/ijhess.v1i1.1848

Nugroho, M. T., & Nurdin, N. (2021). Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (Jee), 1(3), 91–95. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.136

Rofi’i, M. A. (2024). Sincerity and Devotion-Based Education. Syaikhuna Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 15(01), 34–47. https://doi.org/10.62730/syaikhuna.v15i01.7308

Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Rusman, A. A., & Riadi, A. (2021). Sinkronisasi Pendidikan Karakter Dan Toleransi Masyarakat Di Desa Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2033

Sani dkk. (2021). https://tafsir.learn-quran.co/. Yayasan Learn Quran.

Saridudin, S., & Ta’rif, T. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Professional-Religius Pada Jamaah Majelis Taklim Shirotol Mustaqim Semarang. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 317–332. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1002

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Syarnubi, S., Mansir, F., Purnomo, M. E., Harto, K., & Hawi, A. (2021). Implementing Character Education in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–94. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.8449

Tabroni, I., Paisal, A., Suci, R. A., & Zakiyah. (2022). Character Establishment Through Islamic Religious Education. Education Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.97

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521

Wahyuni, A., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Biodik, 7(4), 107–114. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14659

zahra, S. F. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Di Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Elnty, 2(2), 52–57. https://doi.org/10.55210/elementary.v2i2.443

Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558

Downloads

Published

2025-02-09

Issue

Section

Article

Citation Check