Pengaruh Aktivitas Salat Duha Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI MA Al-Adzkar Babadan Gunung Djati Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i1.3486Keywords:
Aktivitas Salat duha, Perilaku KeagamaanAbstract
Salat merupakan ibadah yang mendasar bagi umat Islam, yang meliputi ibadah wajib dan sunnah, seperti salat duha. Salat duha memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku religius siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pendidikan agama memainkan peran penting dalam membina perilaku keagamaan yang baik di kalangan siswa. Ketika siswa mengembangkan perilaku keagamaan yang baik, hal ini akan berdampak positif pada lingkungan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji kegiatan salat Dhuha siswa kelas XI di MA Al Adzkar Babadan Gunung Djati, Cirebon, pada tahun ajaran 2023/2024; (2) menilai perilaku keagamaan mereka; dan (3) mengetahui pengaruh salat Dhuha terhadap perilaku keagamaan mereka. Pendekatan penelitian lapangan kuantitatif digunakan, dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan salat Dhuha siswa mendapatkan skor rata-rata yang cukup baik yaitu 44,4, berada pada interval 41-44, sedangkan perilaku keagamaan mereka mendapatkan skor rata-rata yang baik yaitu 52,5, berada pada interval 49-52. Analisis statistik menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara salat Dhuha dan perilaku keagamaan siswa, dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,525 yang melebihi nilai r-tabel sebesar 0,312 pada tingkat signifikansi 5%. Hal ini menegaskan adanya hubungan positif antara kegiatan salat Dhuha dengan perilaku keagamaan siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan diterima, yang menunjukkan bahwa keterlibatan secara teratur dalam salat duha berkontribusi pada pengembangan sikap dan perilaku keagamaan siswa.
References
Al Mahfani, M. K. (2008). Berkah Shalat Dhuha. WahyuMedia.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis).
Bakar, E. A. el. (2011). Mukjizat Shalat-Shalat Sunnah. PT. Variapop Group.
Azis, R., Hanan, A., Taufiqi, M. A., & Krüss, C. (2023). The Role of Majelis Taklim in Developing Religious Character Education on Al-Bahjah Cirebon. EduMasa: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–12.
Hanan, A. (2019). Hermeneutika Syahadat: Telaah Tafsir Kiai Sa’id Bin Armia Tegal. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hanan, A. (2022a). Kehidupan Islam Mary Pat Fisher: Komentar Aatas Living Religions.
Hanan, A. (2022b). Miftahul Muta’allimin Islamic Boarding School: From the Classik Book (Kitab Kuning) to Scientific Traditions. International Journal of Nusantara Islam, 10(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. CV Alfabeta.
Taufiqi, M. A., Hanan, A., & Priangan, A. (2021). An Analysis of Conversational Maxims in Casual Conversation. Masile, 2(2).
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354
Vika, W. N., Noh, M. H., Mujib, A., & Sarjuni, S. (2022). Pengaruh Perilaku Keberagamaan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar PAI dan Ketaatan Beribadah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 99–109.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).