Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar: Studi Kasus di SMK Medikacom
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i1.3423Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Belajar, Strategi Pembelajaran InovatifAbstract
Pendidikan Agama Islam di Indonesia menghadapi tantangan dalam relevansi dan efektivitas pembelajaran, terutama di era globalisasi dan perubahan sosial. Banyak siswa yang menganggap pembelajaran PAI tidak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menurunkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran inovatif dan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Medikacom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai metode pengumpulan data utama. Analisis tematik diterapkan untuk mengidentifikasi pola dan tema yang relevan terkait penerapan strategi pembelajaran inovatif dan KMB. Strategi pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok, meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. KMB memberikan fleksibilitas kepada siswa dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai, sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan kebutuhan pelatihan guru dalam mendukung implementasi strategi tersebut. Strategi pembelajaran inovatif dan KMB terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini memberikan dasar untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih adaptif dan relevan. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk memperluas cakupan dan meningkatkan generalisasi hasil penelitian.
References
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.
Darmawati, D. (2024). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Sma Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 334. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20002
Hyangsewu, P. (2019). Tantangan Dan Antisipasi Pendidikan Agama Islam Di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i2.27
Jumaeni, J., & Amri, M. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas Xi SMK Kartika Xx-1 Makassar. Istiqra, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.24239/ist.v10i1.1034
Lembong, J. M. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Masruroh, A., Rohmani, A. F., Viranski, L. A., & Toyib, M. (2021). Strategi Penanaman Pendidikan Aqidah Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Kejuruan. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19391
Mukti, H. A., Irpani, A., & Tabroni, I. (2022). The Role of Islamic Boarding Schools in Moral Education in the Technological Era. L’Geneus: The Journal Language Generations of Intellectual Society, 11(2), 35–40.
Mustaqim, M. (2023). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Islam Masyarkat Air Raya Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Research and Development Journal of Education, 9(1), 300. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16306
Priyono, A. H., & Fathoni, M. P. A. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 112–119. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.600
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978
Setyawan, A. F. (2021). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. J. Pend. A. Isl. Ind, 2(1), 6–9. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i1.588
Simatupang, I. K. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 118–125. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1867
Sudarsono, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural Di MA Al-Ma’ruf Denpasar Bali. Widya Balina, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.49
Tohani, E. (2021). Peningkatan Kompetensi Pengembangan Program Pendidikan Nonformal Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Projek. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 69–81. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37569
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354
Zakaria, D., & Ibrahim, S. (2019). Efektivitas Bimbingan Belajar Mandiri Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i2.538
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).