Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar: Studi Kasus di SMK Medikacom

Authors

  • Naufal Nazmuddin Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Ifah Khadijah Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Anita Puspana Riss Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Tatik Rahmat Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i1.3423

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Belajar, Strategi Pembelajaran Inovatif

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Indonesia menghadapi tantangan dalam relevansi dan efektivitas pembelajaran, terutama di era globalisasi dan perubahan sosial. Banyak siswa yang menganggap pembelajaran PAI tidak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga menurunkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran inovatif dan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Medikacom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai metode pengumpulan data utama. Analisis tematik diterapkan untuk mengidentifikasi pola dan tema yang relevan terkait penerapan strategi pembelajaran inovatif dan KMB. Strategi pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok, meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. KMB memberikan fleksibilitas kepada siswa dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai, sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan kebutuhan pelatihan guru dalam mendukung implementasi strategi tersebut. Strategi pembelajaran inovatif dan KMB terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan relevansi pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini memberikan dasar untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih adaptif dan relevan. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk memperluas cakupan dan meningkatkan generalisasi hasil penelitian.

References

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Darmawati, D. (2024). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Sma Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 334. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20002

Hyangsewu, P. (2019). Tantangan Dan Antisipasi Pendidikan Agama Islam Di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i2.27

Jumaeni, J., & Amri, M. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas Xi SMK Kartika Xx-1 Makassar. Istiqra, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.24239/ist.v10i1.1034

Lembong, J. M. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Masruroh, A., Rohmani, A. F., Viranski, L. A., & Toyib, M. (2021). Strategi Penanaman Pendidikan Aqidah Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Kejuruan. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19391

Mukti, H. A., Irpani, A., & Tabroni, I. (2022). The Role of Islamic Boarding Schools in Moral Education in the Technological Era. L’Geneus: The Journal Language Generations of Intellectual Society, 11(2), 35–40.

Mustaqim, M. (2023). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Islam Masyarkat Air Raya Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Research and Development Journal of Education, 9(1), 300. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16306

Priyono, A. H., & Fathoni, M. P. A. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 112–119. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.600

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Setyawan, A. F. (2021). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. J. Pend. A. Isl. Ind, 2(1), 6–9. https://doi.org/10.37251/jpaii.v2i1.588

Simatupang, I. K. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 118–125. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1867

Sudarsono, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural Di MA Al-Ma’ruf Denpasar Bali. Widya Balina, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.49

Tohani, E. (2021). Peningkatan Kompetensi Pengembangan Program Pendidikan Nonformal Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Projek. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 69–81. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37569

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354

Zakaria, D., & Ibrahim, S. (2019). Efektivitas Bimbingan Belajar Mandiri Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMK Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i2.538

Downloads

Published

2024-10-20

Issue

Section

Article

Citation Check