Strategi Meningkatkan Kemampuan Mengingat siswa kelas 8 di MTs Darul Hidayah Batununggal

Authors

  • Irapani Soptiani Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Agni Garib Mubarok Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Syifa Fatur Rahmah Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Arif Permana Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.3394

Keywords:

Pembelajaran, Kemampuan Mengingat, Strategi Guru

Abstract

Dalam proses pembelajaran, kemampuan mengingat merupakan hal yang penting bagi siswa. Kesulitan mengingat dan lupa sering dialami oleh siswa selama proses kegiatan belajar mengajar dikelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya siswa kelas 8 MTs. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah sering digunakan dan dilaksanakan oleh sekelompok peneliti. Pada penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang dapat diterapkan di sekolah itu diantaranya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menerapkan Teknik belajar yang efektif, mendorong siswa untuk aktif belajar, dan membiasakan literasi sebelum maupun sesudah pembelajaran.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” , 88-100.

Dewi, I. A. (2014). Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar . Jurnal Psikologi Udayana, Vol.1, No.2, hlm.241-250.

Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi di era Digital, 1(1), 109–114.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.

Mujiyah. (2015). Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Dinamika Pendidikan, 1-7.

Mulyati, Y. (2000). Strategi Belajar. Jakarta : Internet.

Purnamasari. (2017). Strategi Pembelajaran Mnemonic untuk Meningkatkan Memori Siswa. SIPATAHOENAN, 50-62.

Subajati, E. (2002). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil belajar. Jakarta.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. .

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK (Cetakan 4). Alfabeta.

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76.

Downloads

Published

2023-02-22

Issue

Section

Article

Citation Check