Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan Agama Islam di Yayasan Faidhul Ulum Attadziriyah Karawang
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i2.3366Keywords:
Ibnu Sina, pendidikan agama Islam, integrasi pengetahuan, pendidikan karakterAbstract
Pendidikan Islam di Indonesia menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan pengetahuan agama dan pengetahuan umum di tengah perubahan sosial dan perkembangan teknologi. Ibnu Sina menawarkan konsep pendidikan yang menekankan keseimbangan antara aspek intelektual dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi pemikiran Ibnu Sina dalam pendidikan Islam dan penerapannya di Yayasan Faidhul Ulum Attadziriyah Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen kurikulum. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pengetahuan agama dan pengetahuan umum telah diterapkan melalui metode pembelajaran yang holistik dan inovatif. Penggunaan teknologi meningkatkan keterlibatan siswa, sementara pendidikan karakter berdasarkan pemikiran Ibnu Sina membantu siswa mengembangkan nilai-nilai moral dan pemikiran kritis. Pemikiran Ibnu Sina memiliki relevansi yang tinggi dalam pendidikan agama Islam modern. Integrasi antara pengetahuan dan inovasi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk siswa yang memiliki pengetahuan dan karakter yang baik.
References
Anini, U. N., Kurniawan, M. I. R., & Muttaqin, A. (2021). Integrasi Keilmuan Dalam Pendidikan Islam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina Dan Mahmud Yunus. An-Nuha Jurnal Kajian Islam Pendidikan Budaya Dan Sosial, 8(2), 301–325. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i2.456
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886
Asman, A., Suyadi, S., & Huda, M. (2021). Character Education as Brain Education: Spiritual Neuroscience Studies in Islamic Education. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 77–86. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.4278
Azizah, H. H. (2024). The Concept of Islamic Education Curriculum: A Study of Ibn Sina’s Thought. Abjadia International Journal of Education, 9(1), 175–182. https://doi.org/10.18860/abj.v9i1.26804
Daulay, D. (2019). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Al-Azhar Medan. Ansiru Pai Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5866
Halima, R. A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 15852–15861. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.13722
Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4).
Jailani, M., & Suyadi, S. (2021). Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains Dan Perspektif Akal Bertingkat Ibnu Sina Di Sekolah: Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Litbang Edusaintech, 2(2), 123–134. https://doi.org/10.51402/jle.v2i2.55
Lubis, J. I. (2024). Hubungan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menganalisis Kurikulum Dan Mendesain Pembelajaran Di Sma Lubuk Pakam. Research and Development Journal of Education, 10(1), 236. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22322
Muhamad, S. (2023). Relevansi Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Pemikiran Saintis Muslim Ibnu Sina Dan Ibnu Rusyd. Studia Religia Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 283–295. https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20587
Mukhibat, M. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Di Indonesia (Wacana Dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133
Murdianto, M. (2024). Peran TGH. Salman Alfarisi Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Di Desa Loang Maka Kecamatan Janapria Lombok Tengah NTB. Alacrity Journal of Education, 118–130. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i1.474
Rahmad Mulyadi Hasrian Rudi Setiawan, D. S. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan Dalam Masyarakat Multikultural. Khazanah, 90–99. https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i3.1554
Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.
Shunhaji, A. (2019). Agama Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Andragogi Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.46
Sufiani, S. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar SiswaMataPelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Educational Research, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.30984/jeer.v3i1.540
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Syihabuddin, M. (2023). Implementasi Pemikiran Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(4), 12–22. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i4.626
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521
Yuliani, A. R. (2023). Religius-Rasional Ibnu Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Nusantara Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 523–548. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-10
Yusri, M., & Halimah, S. (2022). Menerapkan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pai Di SMP Negeri Lima Puluh. Pendalas Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 272–284. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.185
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).