Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan Agama Islam di Yayasan Faidhul Ulum Attadziriyah Karawang

Authors

  • Agus Fudholi Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Lina Zakiah Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Helmawati helmawati Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Iyad Suryadi Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v13i2.3366

Keywords:

Ibnu Sina, pendidikan agama Islam, integrasi pengetahuan, pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan pengetahuan agama dan pengetahuan umum di tengah perubahan sosial dan perkembangan teknologi. Ibnu Sina menawarkan konsep pendidikan yang menekankan keseimbangan antara aspek intelektual dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi pemikiran Ibnu Sina dalam pendidikan Islam dan penerapannya di Yayasan Faidhul Ulum Attadziriyah Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen kurikulum. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pengetahuan agama dan pengetahuan umum telah diterapkan melalui metode pembelajaran yang holistik dan inovatif. Penggunaan teknologi meningkatkan keterlibatan siswa, sementara pendidikan karakter berdasarkan pemikiran Ibnu Sina membantu siswa mengembangkan nilai-nilai moral dan pemikiran kritis. Pemikiran Ibnu Sina memiliki relevansi yang tinggi dalam pendidikan agama Islam modern. Integrasi antara pengetahuan dan inovasi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk siswa yang memiliki pengetahuan dan karakter yang baik.

References

Anini, U. N., Kurniawan, M. I. R., & Muttaqin, A. (2021). Integrasi Keilmuan Dalam Pendidikan Islam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina Dan Mahmud Yunus. An-Nuha Jurnal Kajian Islam Pendidikan Budaya Dan Sosial, 8(2), 301–325. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i2.456

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/aim.v1i1.28886

Asman, A., Suyadi, S., & Huda, M. (2021). Character Education as Brain Education: Spiritual Neuroscience Studies in Islamic Education. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 77–86. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.4278

Azizah, H. H. (2024). The Concept of Islamic Education Curriculum: A Study of Ibn Sina’s Thought. Abjadia International Journal of Education, 9(1), 175–182. https://doi.org/10.18860/abj.v9i1.26804

Daulay, D. (2019). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Al-Azhar Medan. Ansiru Pai Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5866

Halima, R. A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 15852–15861. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.13722

Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4).

Jailani, M., & Suyadi, S. (2021). Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains Dan Perspektif Akal Bertingkat Ibnu Sina Di Sekolah: Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Litbang Edusaintech, 2(2), 123–134. https://doi.org/10.51402/jle.v2i2.55

Lubis, J. I. (2024). Hubungan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menganalisis Kurikulum Dan Mendesain Pembelajaran Di Sma Lubuk Pakam. Research and Development Journal of Education, 10(1), 236. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22322

Muhamad, S. (2023). Relevansi Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Pemikiran Saintis Muslim Ibnu Sina Dan Ibnu Rusyd. Studia Religia Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 283–295. https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20587

Mukhibat, M. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Di Indonesia (Wacana Dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Murdianto, M. (2024). Peran TGH. Salman Alfarisi Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Di Desa Loang Maka Kecamatan Janapria Lombok Tengah NTB. Alacrity Journal of Education, 118–130. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i1.474

Rahmad Mulyadi Hasrian Rudi Setiawan, D. S. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan Dalam Masyarakat Multikultural. Khazanah, 90–99. https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i3.1554

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Shunhaji, A. (2019). Agama Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Andragogi Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.46

Sufiani, S. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar SiswaMataPelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Educational Research, 3(1), 55–66. https://doi.org/10.30984/jeer.v3i1.540

Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Syihabuddin, M. (2023). Implementasi Pemikiran Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(4), 12–22. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i4.626

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3521

Yuliani, A. R. (2023). Religius-Rasional Ibnu Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Nusantara Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 523–548. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-10

Yusri, M., & Halimah, S. (2022). Menerapkan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pai Di SMP Negeri Lima Puluh. Pendalas Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 272–284. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.185

Downloads

Published

2025-02-08

Issue

Section

Article

Citation Check