Analisis Materi SKI Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Aliyah dan Pengembangannya

Authors

  • Ummu Fitrah Widia Rahman Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Martin Kustati Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Nana Sepriyanti

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i3.3243

Keywords:

Bahan Ajar, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam , Kurikulum Merdeka

Abstract

Salah satu komponen terpenting dalam pembelajaran adalah bahan ajar, karena di dalam bahan ajar terdapat materi yang disusun secara utuh dan sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang akan diberikan pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk tingkat MA kelas X dan pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya ada 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define) dengan melakukan analisis bahan ajar, buku ajar, analisis materi, ruang lingkup dan capaian pembelajaran, perancangan (Design) dengan mendesain bahan ajar dengan mengambil materi yang tidak relevan dengan capaian pembelajaran, kemudian menambahkan materi yang sesuai dengan capaian pembelajaran dan selanjutnya mendesain bahan ajar yang akan dikembangkan dalam bentuk handout, pengembangan (Development) dilakukan dengan cara FGD dengan dosen dan mahasiswa pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi utama di kelas

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Article

Citation Check