Analisis Materi SKI Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Aliyah dan Pengembangannya
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i3.3243Keywords:
Bahan Ajar, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam , Kurikulum MerdekaAbstract
Salah satu komponen terpenting dalam pembelajaran adalah bahan ajar, karena di dalam bahan ajar terdapat materi yang disusun secara utuh dan sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang akan diberikan pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk tingkat MA kelas X dan pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya ada 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define) dengan melakukan analisis bahan ajar, buku ajar, analisis materi, ruang lingkup dan capaian pembelajaran, perancangan (Design) dengan mendesain bahan ajar dengan mengambil materi yang tidak relevan dengan capaian pembelajaran, kemudian menambahkan materi yang sesuai dengan capaian pembelajaran dan selanjutnya mendesain bahan ajar yang akan dikembangkan dalam bentuk handout, pengembangan (Development) dilakukan dengan cara FGD dengan dosen dan mahasiswa pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi utama di kelas
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).