Kolaborasi Antara Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlakul Karimah: Studi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda dan At-Taqwa
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i1.3242Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tantangan, dan solusi dalam membina kerja sama antara guru dan orang tua untuk membina akhlak terpuji (akhlakul karimah) di kalangan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda dan At-Taqwa di Kota Bandung Barat. Pendekatan dan metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya membangun kerjasama antara guru dan orang tua dalam membina akhlak terpuji siswa meliputi lima hal utama: (1) Merencanakan kerja sama melalui komunikasi awal antara pihak madrasah dan orang tua; (2) Melaksanakan kerja sama melalui pemantauan terus menerus dan kegiatan pendidikan yang sedang berlangsung di madrasah dan di rumah; (3) Mengevaluasi kerja sama secara teratur, baik di akhir semester maupun selama semester; (4) Mengidentifikasi tantangan dalam kerja sama, terutama yang berkaitan dengan keterbatasan waktu, kesenjangan ekonomi, dan ketidakpedulian orang tua; dan (5) Mengembangkan solusi yang menekankan pada komunikasi yang intensif antara madrasah dan orang tua. Studi ini menyoroti peran penting komunikasi yang efektif dan kolaborasi berkelanjutan antara guru dan orang tua dalam mengatasi tantangan dan memastikan keberhasilan perkembangan moral siswa.
References
Bolandhematan, K. (2019). Spiritual Education in Islamic Tradition: Revisiting Ghazali’s “Deliverance.” Religious Education, 114(2), 110–129.
Darajat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
DeFraine, J., & Asay, S. M. (2007). Strong families around the world: An introduction to the strengths Perspective. Marriage & Family Review, 41(4), 1–10. https://doi.org/10.1300/J002v41n01
Fattah, N. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamid, A., & Saebani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Hoffman, M. L. (2000). Empathy and Moral Development: Implications for Caring and Justice. New York: Cambridge University Press.
Iskandar, T., & Zubaidah, S. (2014). Sejarah Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Pathurohman, P., & Suryana, A. (2012). Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama.
Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, U., & Cipta, E. S. (2024). Penerapan Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pondok Pesantren. SPECTRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 40–60.
Suryadi, rudi ahmad. (2018). ilmu pendidikan islam. yogyakarta: deepublish.
Suseno, F. M. (1987). Etika Dasar, Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
Wu, W., Stephens, M., Du, M., & Wang, B. (2018). Homeownership, family composition and subjective wellbeing. Cities, 1, 1–17.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).