Merancang Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Pada Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Naufal Nazmuddin SMK Medika.com, Bandung, Indonesia
  • Indra Iskandar SMAN 9, Garut, Indonesia
  • Iman Kostaman SMAN 1 Plered, Purwakarta, Indonesia
  • Enung Herawati SMAN 3 Bogor, Indonesia
  • Fuad Asari SMA Islam Annaba, Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3123

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Teknologi Digital, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghadirkan suatu era di mana ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi tidak bisa dilepaskan dari pendidikan. Kenyataan ini membuat perguruan tinggi Islam, harus bisa menerapkan praktik pengelolaan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Penelitian ini dalam analisanya menemukan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam Pendidikan Agama Islam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan mahasiswa. Dosen berperan kunci dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan. Inovasi pembelajaran berbasis teknologi digital melibatkan penemuan, pengembangan, dan penyebaran penggunaan teknologi digital. Konten digital, desain kurikulum, pelatihan dosen, dan infrastruktur pendukung penting dalam pengembangan teknologi digital. Teknologi digital meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan efektivitas pembelajaran, tetapi peran dosen tetap penting sebagai fasilitator dan pengelola pembelajaran.

References

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Boyd, D., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal for East European Management Studiesof Computer-Mediated Communication, 13, 210–230.

Chand, V. S., Deshmukh, K. S., & Shukla, A. (2020). Why does technology integration fail? Teacher beliefs and content developer assumptions in an Indian initiative. Educational Technology Research and Development, 68, 2753–2774.

Chehade, M. J., Yadav, L., Kopansky-Giles, D., Merolli, M., Palmer, E., Jayatilaka, A., & Slater, H. (2020). Innovations to improve access to musculoskeletal care. Best Practice & Research Clinical Rheumatology, 34(5), 101559.

Duhaney, D. C. (2012). Blended learning and teacher preparation programs. International Journal of Instructional Media, 39(3).

Erihadiana, M. (2023). Profil Pemahaman Guru Terhadap Komponen Mutu Guru Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 175–188.

Khojir, K., Aini, A. N., & Setiawan, A. (2021). Developing Islamic Religious Course Teaching Materials with Intercultural Competence-Based in High Schools in East Kalimantan, Indonesia.

Latchem, C., Jung, I., Aoki, K., & Ozkul, A. E. (2008). The tortoise and the hare enigma in e-transformation in Japanese and Korean higher education. British Journal of Educational Technology, 39(4). https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2007.00771.x

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.

Ramli, M. (2022). Designing Islamic Religious Education Teaching Based on Digital Innovation Creativity at Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 344–354.

Rosyad, A. M. (2019). The urgency of learning innovation on islamic religious study (urgensi inovasi pembelajaran dalam pendidikan agama islam): Learning Innovation, Islamic Religious Study, Learning Method. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 64–86.

Rusdiana, A. (2014). Konsep inovasi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Suroso, A., Hendriarto, P., Mr, G. N. K., Pattiasina, P. J., & Aslan, A. (2021). Challenges and opportunities towards Islamic cultured generation: socio-cultural analysis. Linguistics and Culture Review, 5(1), 180–194.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(2), 83–98.

Talkah, T., & Muslih, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 13–21.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1).

Yumarni, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 112–126.

Downloads

Published

2024-06-22

Issue

Section

Article

Citation Check