Merancang Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Pada Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Naufal Nazmuddin SMK Medika.com, Bandung, Indonesia
  • Indra Iskandar SMAN 9, Garut, Indonesia
  • Iman Kostaman SMAN 1 Plered, Purwakarta, Indonesia
  • Enung Herawati SMAN 3 Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i3.3123

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghadirkan suatu era di mana ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi tidak bisa dilepaskan dari pendidikan. Kenyataan ini membuat perguruan tinggi Islam, harus bisa menerapkan praktik pengelolaan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Penelitian ini dalam analisanya menemukan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam Pendidikan Agama Islam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan mahasiswa. Dosen berperan kunci dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan. Inovasi pembelajaran berbasis teknologi digital melibatkan penemuan, pengembangan, dan penyebaran penggunaan teknologi digital. Konten digital, desain kurikulum, pelatihan dosen, dan infrastruktur pendukung penting dalam pengembangan teknologi digital. Teknologi digital meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan efektivitas pembelajaran, tetapi peran dosen tetap penting sebagai fasilitator dan pengelola pembelajaran.

Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Teknologi Digital, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Published

2024-06-22

Issue

Section

Article

Citation Check