Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2822Keywords:
Manajemen Kepala Madrasah, Etika Kerja GuruAbstract
Penelitian ini dipicu oleh gambaran kondisi lapangan terkait dengan manajemen pengetahuan kepala madrasah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru di MTs Thoriqotul Hidyah, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan secara empiris tentang manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru di MTs Thoriqotul Hidayah, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Proses penyelidikan dilakukan melalui fenomena yang terjadi dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan dampak manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru di MTs Thoriqotul Hidayah. Filosofi dasar, teori, dan konsep yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan dampak telah dilakukan oleh peneliti sebagaimana dibuktikan oleh dokumen-dokumen seperti rancangan dokumen satu, penetapan pembagian jam dan mata pelajaran, serta standar pengawasan atau supervisi kepala madrasah dan dokumen lainnya.
References
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.
Cok agus, dkk. “Hubungan Motivasi Berprestasi, Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja dengan Kinerja Guru”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora. Vol 11) April 2017.
Danim, S. (2004). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Imam Machali dan Ara Hidayat, The Handbook Of Education Management (Jakarta: Kencana, 2018).
I. Suryatini, E. Mulyasa, S. Yusuf, Y. I. (2019). Manajemen Mutu Pembelajaran PAI. Kajian Manajemen Pendidikan, 2(2), 141–150.
Juhri AM, Perspektif Pendidikan¸ (Metro: Lembaga Penelitian UM Metro Press, 2006)
Nuraisiah, Murniati AR, dan Cut Zahri Harum. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri ! Peukan Bada Aceh Besar.". Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala , Volume 3 No 3, 118-119.
Onisimus Amtu, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta 2013)
Pramesty, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022).
Rahman, M. (2012). Manajemen Pendidikan "Analisis dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif". Jakarta: Prestasi Pustaka.
Saifullah. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru pada SMA Negeri 2 Pulo Aceh Besar. Jurnal Universitas Syah Kuala, Vol 4, No. 3 Agustus 2016.
Usman, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta, 2013)
Mahmuddin, Manajemen Dakwah Rasulullah: suatu Telaah Hiostoris Kritis. Jakarta: Restu Ilahi, 2004.
Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan (5 ed.). Alfabeta.
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta 2013.
Terry, G. R., & Leslie, W. R. (1992). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja Islami (Jakarta: Gema Insani, 2002),
Sani, R. A., & Rahman, M. (2022). Monograf Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar. CV Media Sains Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).