Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Daring Melalui Supervisi
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2757Keywords:
Kelengkapan Alat, Pembelajaran Online, Pengawasan Kepala SekolahAbstract
Tujuan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran daring melalui supervisi Kepala Sekolah di SD Bugel Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui supervisi Kepala Sekolah di SD Negeri Bugel tahun pelajaran 2021/2022 kemampuan guru dalam membuat kelengkapan perangkat pembelajaran daring mengalami peningkatan secara signifikan. Jika pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya kompetensi guru meningkat dari siklus I yaitu persentase ketuntasan 66,67% dan 88,89% pada siklus II guru secara umum dikatakan tuntas dengan total nilai peningkatan rata-rata guru adalah 8,67 dan total peningkatan persentase adalah 22,22% hal ini menunjukkan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Supervisi akademik efektif digunakan untuk meningkat kompetensi guru di SD Negeri Bugel Banjaran dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran daring.
References
Ana P. Antunes, Silvana Martins, L. M. and A. T. A. (2021). Parenting during the COVID-19 Lockdown in Portugal: Changes in Daily Routines, Co-Parenting Relationships, Emotional Experiences, and Support Networks. children 08-01124 v4.pdf Nitro Pro 10.
Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.
Burhanudin, M. (2017). he Roles Of Principals In Increasing Education Quality By Developing Teacher Profesionalism. Didaktika Religia, 5(1). https://doi.org/10.30762/didaktika.v5i1.856
Dwi Siswoyo, d. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Hopkins, D. (2011). Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43–54.
Iswatiningsih, D. (2021). Guru dan Literasi Digital: Tantangan Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional.
Muhali. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala, (September).
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.
Suherman, U., Supiana, S., Mulyasana, D., & Nursobah, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Madrasah, Supervisi Klinis, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Motivasi dan Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–14.
Talkah, T., & Muslih, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 13–21.
Usman, N. (2022). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: Sinar Baru.
Wahyuddin, W., & Ismayanti, M. (2020). Persepsi Guru Mengenai Guru Ideal. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15258
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).