Profil Pemahaman Guru Terhadap Komponen Mutu Guru Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA

Authors

  • Sri - Martini UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia

Keywords:

Mutu Guru, Kompetensi Guru, Profesi Guru, Inovasi, Kreatifitas

Abstract

Artikel ini mengkaji mengenai penilaian profil pemahaman guru terhadap komponen guru yang terdiri dari sub komponen kompetensi guru, pengembangan profesi guru, inovasi dan kreativitas guru didasarkan pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pemahaman guru terhadap komponen mutu guru dan juga profil kondisi eksisting sekolah dimana guru tersebut bertugas. Dalam prosesnya, penelitian ini dilakukan terhadap guru-guru pada satuan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas dan Madrasah. Hasil yang diperoleh bahwa tingkat pemahaman guru terhadap mutu guru tidak selamanya mengambarkan kondisi eksisting sekolah dinama guru tersebut bertugas

References

Abdullah, Ramli. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal Vol. 4 No. 1.

Amiruddin. (2018). Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Journal of Islamic Education: Dayah Vol. 1, 182-204.

Apud, A. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Guru Sekolah Di Lingkungan Pesantren. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 87-96.

Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy Vol. 6 No. 1, Mei, 19-32.

Astuti, E. K. D., Rochman, C., Farida, I., & Hasanah, A. (2020). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PTK) Di Tingkat SMP/MTS. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 103-112.

Bruce Joyce, M. W. (2000). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Fahrudin. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMPN 44 Bandung. Vol. 7 No. 2 November, 126-139.

Hambali, Muh. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1, 70-89.

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17-28.

Khoerunnisa, Anggi. Syafei, Makhmud. Fakhruddin, Agus. (2014). Peranan Guru PAI Dalam Menghidupkan Kehidupan Beragama Di Sekolah Menengah. Indonesian Journal of Islamic Education: Tarbawy Vol. 1 No. 2, 118-131.

Melawati, Nur. Asyafah, Abas. Suryana, Toto. (2016). Peran Guru Dalam Membina Etos Belajar Melalui Mata Pelajaran Pai Di Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Education: Tarbawy Vol. 3 No. 1, 118-131.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2, 239-240.

Permana, N. S. (2017). Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Studia Didaktika, 11(01), 1-8.

Saputra, A, Nur. Rahman, A.M. (2020). Profesi Guru: Antara Motivasi Pribadi Dan Keluarga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Socius Vol. 9, No. 2, Oktober, 104-114.

Sugiarti, S., Retnowati, R., & Suhardi, E. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Profesional Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kreativitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 683-691.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriadi. (2018). Etika Interaksi Edukatif Guru dan Murid Menurut Perspektif Syaikh ʻAbd Al-Ṣamad Al-Falimbānī . Vol. 1, No. 2, 145-163.

Syaodih Sukmadinata, Nana. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Timor, H. (2018). Mutu Sekolah; Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 21-30.

Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Kreativitas Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 725-730.

Wardati, Zahrul. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling. Journal of Islamic Education: Dayah Vol. 2, No. 2, 261-280.

Wirani, Syifa Aulia. Fakhruddin, Agus. Afriatien, Toto Suryana. (2020). Pengembangan Bahan Literasi PAI Berbasis Media Sosial. Tarbawy Vol. 7 No. 1, Mei 2020, 80- 96.

Yasin, Ahmad Fatah. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Jurnal El-Qudwah Vol. 1 No. 5, April, 157-18.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Article

Citation Check