Implementasi Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Staf Administrasi di Madrasah Aliyah

Authors

  • Lilis Nur Shobah Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.1350

Keywords:

Tenaga Kependidikan, Kinerja Pendidikan, Manajemen Madrasah

Abstract

Pendidikan membentuk potensi menjadi kompetensi, berfungsi sebagai perjalanan kreatif menuju penemuan jati diri. Di antara tantangan yang dihadapi Kepala Madrasah, kualitas guru menjadi prioritas utama. Sebagai pemimpin pendidikan, Kepala Madrasah bertanggung jawab memastikan pelaksanaan kurikulum, pemanfaatan sumber daya, rekrutmen siswa, kolaborasi dengan orang tua, dan pencapaian hasil yang diinginkan. Penelitian ini mengkaji implementasi Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MA Al Munir Baginda, Sumedang, sesuai dengan Permendiknas No. 19 Tahun 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai: 1) Tujuan; 2) Implementasi standar; 3) Evaluasi; dan 4) Faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi kinerja guru dan staf administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi standar melibatkan pengembangan, motivasi, dan penyelarasan dengan tujuan organisasi, dengan pengembangan profesional yang berkelanjutan sesuai peran. Evaluasi menyeluruh mencakup semua aspek manajemen pendidikan, termasuk teknis, keuangan, dan administrasi. Faktor pendukung meliputi banyaknya guru bergelar sarjana, pengembangan profesional wajib, dan lingkungan yang mendukung, sedangkan tantangan meliputi ketidaksesuaian keahlian guru, siswa dari latar belakang ekonomi rendah, dan berkurangnya waktu pengajaran karena pelatihan eksternal.

References

Alwi, S. (2001). Manajemen sumber daya manusia: Strategi keunggulan kompetitif. Yogyakarta: BPFE.

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Cet. XII, revisi ke V). Jakarta: Rineka Cipta.

Berliana, et al. (2000). Guru teknologi dan kejuruan pada abad 21: Suatu perubahan profil dan kompetensi. Bandung: Mimbar Pendidikan UPI Bandung.

Darma, A. (1997). Gaya kepemimpinan yang efektif. Jakarta: Sinar Baru.

Daryanto. (2011). Kepala Madrasah sebagai pemimpin pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

David, F. R. (2004). Manajemen strategis. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Departemen Agama RI. (2000). Pedoman pengembangan administrasi dan supervisi pendidikan. Jakarta: Dirjen Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Umum.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Fokus Media.

Depatemen Agama RI. (1989). Al-Qur'an dan terjemahnya. Semarang: Toha Putra.

Depdiknas. (2001). Buku 1: Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis Madrasah. Jakarta: Depdikbud.

Fatah, N. (1996). Landasan manajemen pendidikan (Cet. I). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fattah, N. (2012). Sistem penjamin mutu pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hardjosoedarmo. (1999). Total quality management. Yogyakarta: Andi.

Hasibuan, M. (1996). Organisasi dan motivasi: Dasar-dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1992). Manajemen perilaku organisasi. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. (2007). Cooperative learning: Efektivitas pembelajaran kelompok. Pekanbaru: Alfabeta.

Langgulung, H. (2004). Manusia dan pendidikan: Suatu analisa psikologis, filsafat, dan pendidikan (Cet. V). Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.

Madhi, J. (2001). Menjadi pemimpin yang efektif dan berpengaruh: Tinjauan manajemen kepemimpinan Islam (alih bahasa Amang Syafrudin & Ahmad Fauzan). Bandung: Syaamil Cipta Media.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohmah, N., Sauri, S., & Sukandar, A. (2023). Pembinaan Akhlaq Mulia Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Siswa yang Berkarakter di SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tahun Pelajaran 2020-2021. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 55–77.

Sanjaya, H. W. (2015). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susantika, I., & Umam, H. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur Siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15–34.

Downloads

Published

2023-02-22

Issue

Section

Article

Citation Check