Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Karimah di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v10i1.1337Keywords:
Akhlak, Pendidikan, GuruAbstract
Pendidikan agama Islam menduduki posisi penting untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pendidikan sebagai suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berkaitan baik murid, orang tua, guru, pemerintah, lembaga pendidikan serta masyarakat dalam mencapai keberhasilan tujuan pendidikan. Kondisi pendidikan saat ini belum sesuai dengan harapan, yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab. Realitanya antara lain adanya siswa yang tidak mampu membaca al Qur’an dengan baik, belum dapat melaksanakan sholat dengan baik, tidak puasa di bulan romadhon, perilaku yang tidak terpuji, asusila dan penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras dikalangan pelajar. Melihat Fenomena tersebut penulis melakukan penelitian yang dikemas dengan judul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak karimah di Sekolah (StudiPada SMA Negeri 2 Sumedang dan SMA Negeri 2 Cimalaka)”. Adapun masalah yang diteliti yakni : Apakah tujuan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Akhlak karimah di sekolah. Apa sajakah program guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Akhlak karimah di sekolah. Bagaimanakah guru Pendidikan Agama Islam dalam proses membina akhlak karimah di sekolah. Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak karimah di sekolah. Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Akhlak karimah di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak karimah siswa di sekolah dengan melihat tujuan, program, proses, faktor-faktor pendukung dan penghambat serta evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan; bahwa peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Akhlak Karimah siswa dinilai sudah cukup berhasil. Hal ini terlihat dari antusias para siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kegiatan keagamaan. Yang diawali dengan tahapan merumuskan tujuan, program, proses dan evaluasi dalam pembinaan akhlak karimah siswa. Faktor pendukung antara lain; kepala sekolah, kurikulum, sarana prasarana dan warga sekolah. Sedangkan faktor penghambat diantaranya ;minat memperdalam ilmu agama masih kurang, pergaulan siswa di lingkungan masyarakat, pergaulan bebas, kesibukan orang tua, Sikap orang tua, pengaruh budaya dan kemajuan informasi dan teknologi global yang tidak diimbangi dengan penanaman nilai-nilai akhlak karimah.
References
Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran dan Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
A.Mustofa, 1997, Akhlak Tasawuf, CV. Pustaka Setia : Bandung
Aan Hasanah, 2012, Pendidikan Karakter, Insan Komunika : Bandung
Abdul Majid dan Mudzakkir, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Abdurrahman an-Nahlawi, 1992, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di sekolah dan di Masyarakat, Diponegoro : Bandung
Abu Ahmadi dan Ahmad Rohani, 1990, Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta : Jakarta
Ahamd Tafsir, 2009, Pendidikan untuk Masa depan, Dalam Buku “Mereka Bicara pendidikan Islam Sebuah Bunga Rampai, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Ahmad Amin, 2006, Etika (Ilmu Akhlak), Terj. KH. Farid Ma’ruf, Bulan Bintang : Jakarta
Ahmad Tafsir, 2011, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Rosdakarya : Bandung
Ahmad Tafsir, 2012, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Remaja Rosdakarya : Bandung
Ahmad Tafsir, 2012, Pendidikan Budi Pekerti, Penerbit Maestro : Bandung
Amrullah Syarbini, 2015, Keluarga Berbaris Karakter, Fajar Media : Bandung
Anas Sudjono, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafindo : Jakarta.
Asmaran, 1992, Pengantar Studi Akhlak, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Chabib Thoha, dkk, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam,cet. I: Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Departeman Agama RI, 2000, Al Qur’an dan Terjemah, Diponegoro : Bandung
E. Mulyasa, 2013, Manajemen Pendidikan Karakter, PT. Bumi Aksara : Jakarta
Farida Sarimaya, 2008, Serifikasi Guru, Yarma Widya : Jakarta
Fathiyah Hasan Sulaiman, 2004, Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali, Al Maarif: Bandung
Fitri Oviyanti, Pengelolaan Pengajaran, Lop.Cit, 2009, IAIN Raden Fatah Press : Palembang
Hadi Supeno, 1995, Potret Guru : Pustaka Sinar Harapan, Jakarta
Hamdani Hamid, 2014, Strategi Pengembangan Pendidikan Islam, Insan Mandiri : Bandung
Helmawati, 2014, Pendidikan Keluarga (teoretis dan praktis), PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Hery Noer Aly,1999, Ilmu Pendidikan Islam, Logos Wacana Mulia : Jakarta
Ismail Sukardi, 2011, Model dan Metode Pembelajaran Modern Suatu pengantar, Tunas gemilang Press : Palembang
Jalaludin. (2002). Teologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grapindo Persada
John M, Echol, dan Hasan Shadily, 2005, Kamus Inggris-Indonesia, Gramedia : Jakarta
Kunandar, 2011, Guru Profesional-Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, PT. Raja Grafindo : Jakarta
Lexy J. Moeleong, 2009, Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya : Bandung
M. Imam Pamungkas, 2012, Akhlak Muslim Modern-Membangun Karakter Generasi Muda, penerbit Marja : Bandung
Max Darsono, dkk, 2002, Belajar dan Pembelajaran, CV. IKIP Semarang Press : Semarang.
Moh. Ardani, 2005, Akhlak Tasawuf Nilai-nilai Akhlak/Budi Pekerti dalam Ibadat dan Tasawuf. CV. Karya Mulia.: Jakarta
Moh. Uzer Usman, 2009, Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosdakarya : Bandung
Mohammad Nor Syam, 1986, Pendidikan Filsafat dan Dasar Filsafat Pancasila, Usaha Nasional : Surabaya
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).