Manajemen Kelompok Kerja Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.30999/an-nida.v8i1.1335Keywords:
KKMI, Guru, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah kinerja guru yang belum optimal sehingga memerlukan wadah yang dapat menjembatani peningkatan mutu pendidikan khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI),yang merupakan salah satu fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. KKMI memiliki fungsi sebagai perencanaan, yaitu mempersiapkan segala sesuatu dipandang perluuntuk dikembangkan secara koordinatif guna mencapai keseragaman dalam pembinaan pendidikan , koordinasi kerjasama pendidikan secara terpadu guna mengembangkan program pengajaran di madrasah masing-masing, penyelenggaraan, yaitu pelaksanaan secara terpadu terhadap pengembangan pendidikan pada umumnya dan pengembangan bahan pengajaran,metode,alat pelajaran dan lain-lain. Tujuan KKMI IV membina guru melalui asosiasi kependidikan dengan sistem pendidikan yang dapat mengadaptasi perkembangan kebutuhan lingkungan.Hal ini didasarkan pada realita dinamika dan kompleksitas kehidupan masyarakat dimana tenaga pengajar melaksanakan profesinya.Untuk dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut, maka pembinaan kemampuan profesional guru ditujukan agar tenaga pengajar mampu mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Tujuan penelitian ini secaraumum ingin memperoleh gambarantentang Manajemen Kelompok Kerja Madrasah Dalam meningkatkan Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. Sedang tujuan khususnyauntuk mengetahui Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kelompok kerja madrasah dalam meningkatkan kinerja guru kelas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriftif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
References
Ainsworth, Murray-, Neville Smith; Anne Millership.Managing Performance Managing People, terjemahanTantoSupriyanto. Jakarta: PT BhuanaIlmuPopuler. 2007.
BasrowidanSuwandi.(2010). MemahamiPenelitianKualitatif. Jakarta: Rineka. Cipta.
David R. Fred (2012) Strategic Manajement, SalembaEmpat, Jakarta
Dosen Tim (2014) ManajemenPendidikan, Bandung, ALPABETA
Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu BerbasisSekolah, Jakarta, 2001.
Depdiknas, RencanaStrategik 2005 — 2009. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Depdiknas.PengembanganSistemPendidikanTenagaKependidikan Abad ke 21 (SPTK-21). Jakarta: Depdiknas. 2002.
Djamarah, BahriSyaiful. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: RinekaCipta. 2005
Djaslim, S. 1994, Dasar-dasarManajemen Pemasaran Bank, Jakarta : CV Rajawali.
Drexel, Ingrid. The Concept of Competence an Instrument of Social and Political Change. Bergen AS: Stein Rokkan Centre. 2003.
Engkoswara.Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Dikbud, Jakarta 1987
Elliot, Andrew J. and Carlos S. Dweck. "Competences and Motivation", Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot, and Carlos S. Dweck. New York: The Guilford Press, 2005.
Fakry gaffer, dkk.(1995). Perencanaan Strategis Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Di Indonesia. Makalah institute keguruan dan ilmu pendidikan. Bandung.
Gaffar, M.F. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu. Jakarta 1995
GieThe Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Ginting, Abdorrakhman, 2004. Proposal Pengajuan Dana Pembinaan KKG Padang Barat, (Padang: SD CA Padang)
Glueck, William F dan Lawrence R. Jauch. 1991. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Terjemahan: Muraddan Henry Sitanggang. Jakarta : PT. GeloraAksaraPratama.
Gronlund, Norman E. dan Robert L. Linn.Measurement and Assesment in Teaching.New York-, Macmillan Publishing Comp. 1990.
Gronlund, Norman E. Measurement and Evaluation in Teaching. New York. Macmillan Pub.Co. Inc. 1981.
http//PengertianEvaluasiMenurutAhli - KUMPULAN ARTIKEL.htm
Halsey, G.D. Bagaimana Memimpin & Mengawasi Pegawai Anda, terjemahan Anaf S. Bagindo & M. Ridwan. Jakarta: RinekaCipta. 1994
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: BumiAksara. 2005.
Hasibuan, S.P. Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet.16. PtBumiAksara, Jakarta 2012
Helmawati, Dr. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Agama Islam PT. Remaja Rosda Karya. 2015
Hikmat, M.Ag. Manajemen Pendidikan, Pustaka Setia Bandung. 2009.
Hopkins, Kennth D; Julian C. Stanley. Educational and Psychological Measurement and Evaluation. New York: Prentice-Hall, Inc. 1981.
Hudoyo, Herman, Pengembangan Kurikulum matematika dan pelaksanaannya Di Depan Kelas, Malang 1990
Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.
Imron, Ali. 2006, Belajar dan Pembelajaran ,Pustaka Jaya, Jakarta.
Isa, Kamal Muhammad, 1998 ManajemenPendidikan Islam , Jakarta: PT. FikahatiAnesta,
Jasin, Anwar, PembelajaranEfektif , Jakarta : Grasindo, 2004.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).