Pengaruh Penerapan Metode Tahfizh Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Al-Fathonah Pondok Pesantren Nurul Qur’an Cirebon Dalam Pelajaran Agama Islam

Penulis

  • Malik Zenal Mutakin Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v17i1.1251

Abstrak

Pondok Pesantren Nurul Qur’an menerapkan metode pembelajaran hafalan, yakni metode satu halaman perhari, tidak beralih pada ayat-ayat berikutnya sebelum ayat yang dihafal benar-benar hafal, menggunakan satu jenis mushaf, memperhatikan ayat-ayat yang serupa, kemudian disetorkan kepada guru. Hambatan-hambatan yang dialami siswa adalah kurangnya motivasi sehingga anak menjadi malas dan
kurangnya konsentrasi belajar, keadaan yang kurang kondusif, situasi negatif, siswa lemah karena disebabkan kurang kuatnya daya tahan tubuh mereka sehingga keletihan atau sakit, kenakalan remaja ataupun ekonomi keluarga lemah. Prestasi belajar siswa dipengaruhi penerapan metode tahfizh Al-Qur’an dan minat belajar siswa. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainya diluar variabel penerapan metode tahfizh Al-Qur’an dan minat belajar siswa yang tidak dimasukan dalam model. Dari hasil uji hipotesis yang telah dikemukakan terlihat bahwa prestasi
belajar siswa dipengaruhi penerapan metode tahfizh Al-Qur`an dan minat belajar siswa secara simultan. 

Referensi

Al Qur'an (2010) Kementerian Agama Republik Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-19

Cara Mengutip

Mutakin, M. Z. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Tahfizh Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Al-Fathonah Pondok Pesantren Nurul Qur’an Cirebon Dalam Pelajaran Agama Islam. Media Nusantara, 17(1), 149–162. https://doi.org/10.30999/medinus.v17i1.1251

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check