UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIFE STAD (Penelitian pada siswa kelompok B lembaga PAUD Nurul Huda Kutawaringin Bandung)

Penulis

  • Ai Hayati Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Meli Baetika Nur Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Peningkatan Motivasi Siswa, Metode Kooperatif, Student Team Achievment Division (STAD)

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  motivasi  belajar  anak  usiadini setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) pada anak  kelompok  B di salah satu TK di Kabupaten Bandung Tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  model  Kemmisdan  MC  Taggart  yang dilaksanakan  dalam  dua  siklus.  Setiap  siklus  terdiri  dari  tahap  perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan,  dan  tahap  refleksi. Subjek  penelitian  berjumlah  12  anak. Teknik  pengambilan  data dalam  penelitian  ini  menggunakan  Observasi,  wawancara  dan  dokumentasi.  Analisis  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  data  kuantitatif  dan  kualitatif.  Hasil  analisis  data menunjukan   bahwa   terjadi   peningkatan   motivasi   belajar   anak   dengan   penerapan   model pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD. Pada siklus  I  sebesar  56%,  pada  siklus  II  menjadi  69.8%. maka  sesuai  dengan  taraf  ketuntasan  tindakan  bahwa  51-75%  berada  pada  kualifikasi  baik  dan pelaksanaan tindakan dinyatakan berhasil.Kata kunci: STAD, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini.

Referensi

Hudaidah, dkk. 2020. Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Laporn Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru PAI Sekolah Menengah Atas di Palembang. Dalam JurnalPraksis dan Dedikasi (JPDS), Vol. 3 No. 1. Hal 34-38.

Madya, S. 2006. Teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.

Marta, Nur’aeni. 2020. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PAI di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bogor. Dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 17 No. 1. Hal. 22-29.

Pratomo, Setiadi dkk. 2009. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, UNIKA Atmajaya.

Rahawati, Tina. 2009. Perbaikan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah sebagai Proses Berkelanjutan. Dalam jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 01 No V. Hal 61-68

Salirawati, Das. 2012. Percaya Diri, Keingitahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Dalam Jurnal Pendidikan Karakter. tahun II No. 2. hal 212-224. Yogyakarta: UNY.

Penanaman konsep dan pelatihan Penelitian tindakan kelas Sebagai upaya peningkatan profesionalisme Bagi guru Sejarah di SMA Negeri 7 Palu,

Diterbitkan

2022-05-21

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check