Pembinaan Perilaku Melalui Dukungan Sosial
Studi Kasus Pada Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3413Abstract
Pada era sekarang fenomena di televisi serta di sosial media, ditemukan banyak remaja yang terlibat dalam kenakalan remaja seperti perkelahian, pencurian, narkoba, pelecehan seksual, pembunuhan dan sebagainya. Mereka bisa dipidana penjara sesuai dengan undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) No.11 Tahun 2012. Meskipun perbuatan tersebut melanggar hukum, faktanya remaja saat ini masih melakukan perbuatan menyimpang bahkan Tingkat kenakalan remaja di Indonesia juga semakin tinggi. Faktanya jumlah keterlibatan remaja dalam tindakan kriminal ternyata telah meresahkan orang tua mereka, masyarakat, hingga negara. Pembinaan perilaku melalui dukungan sosial adalah suatu strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas hidup anak-anak yang berada di bawah pengawasan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang memiliki masalah perilaku, atau anak-anak yang memiliki latar belakang sosial-ekonomi yang kurang baik. Dukungan sosial yang diberikan oleh para pembina dapat berupa bantuan emosional, bantuan akademik, atau bantuan dalam mengembangkan keterampilan sosial. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah observasi dan wawancara serta pemberian konseling. Hasilnya pembinaan perilaku melalui dukungan sosial bagi anak binaan terbukti efektif dalam membantu anak binaan mengembangkan sikap positif dan mengubah perilaku negative