Pelatihan Public Speaking sebagai Bentuk Aktualisasi Diri Pada Siswa Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang

Authors

  • Rizki Amaliyah Universitas Bina Darma, Jl.Jenderal Ahmad Yani No.3 9/10 Ulu , Palembang, Indonesia
  • Yogi Universitas Bina Darma, Jl. Jenderal Ahmad Yani No.3 9/10 Ulu, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3408

Abstract

Berbicara di depan umum dapat menjadi alat yang ampuh untuk keperluan seperti motivasi, persuasi, informasi, terjemahan atau hanya menghibur. Seorang pembicara yang percaya diri biasa menganggap ini sebagai hobi dan suatu kegembiraan. Berbicara merupakan suatu keterampilan, dan keterampilan tidak akan berkembang kalau tidak dilatih secara terus menerus. Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai dengan baik. Karena sebagai makhluk sosial, dalam kehidupan sehari-hari kita dituntut terampil berbicara untuk berkomunikasi dengan sesama. Seseorang yang terampil berbicara umumnya berani tampil di masyarakat, mudah bergaul, memiliki rasa percaya diri. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah observasi partisipatif untuk memahami public speaking siswa dan wawancara semi terstruktur untuk menciptakan ruang untuk refleksi dan ekspresi bebas tentang pengalaman mereka tentang public speaking serta efek yang di timbulkan dalam public spaking dan juga pelatihan. Hasilnya minat siswa tehadap public speaking meningkat setelah diberikan kegiatan pelatihan.

Published

2024-10-04

How to Cite

Rizki Amaliyah, & Yogi. (2024). Pelatihan Public Speaking sebagai Bentuk Aktualisasi Diri Pada Siswa Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(2), 103–110. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3408

Issue

Section

ARTIKEL HASIL PENGABDIAN

Citation Check