Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Melalui Teori The Big Five Personality

Penulis

  • Indah Solehati UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rusmiatiningsih Rusmiatiningsih UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3202

Kata Kunci:

Kepuasan Pemustaka, Kinerja Pengelola Perpustakaan, Kepribadian, Teori The Big Five Personality

Abstrak

Kinerja pengelola perpustakaan sangat berpengaruh keoptimalan kegiatan yang ada di perpustakaan. Penelitian ini mengkaji Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang sebagai upaya meningkatkan kualitas kinerja pustakawan. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi tingkat kepuasan pemustaka serta mengevaluasi sejauh mana pustakawan dan pengelola perpustakaan lainnya telah memenuhi ekspektasi pemustaka dengan mengkaji kepribadian pengelola perpustakaan melalui kinerja pustakawan dengan mengimplementasikan teori kepribadian The Big Five. Pada penelitian pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan Kuantitatif dengan metode pengumpulan data penelitian menggunakan Survey Kuesioner. Kuesioner terdiri dari 5 indikator utama dengan menggunakan Teori The Big Five Personality  dan masing-masing indikator utama terdiri dari 4 pertanyaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 Responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Adab Dan Humaniora yang terdaftar sebagai pemustaka di Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora.

Referensi

Apriyani, N., Dewi, L., & Suhardini, D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakan Daerah Kabupaten Sukabumi. Tik Ilmeu?: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29240/tik.v5i2.2850

Aryadi, A., & Zain, L. (2023). Analisis Kepuasan Pemustaka terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakaan IST AKPRIND Yogyakarta. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i3.81

Djula, W. A. (2021). PENGARUH THE BIG FIVE MODEL PERSONALITY TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MAPPI. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(6), 785–794. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i6.642

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.

Kardiasa, M. F., & Suhartini, S. (2021). Pengaruh The Big Five Personality Trait Terhadap Komitmen Afektif dan Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.4003

Luthfiyah, A., & Masruri, A. (2023). Kepribadian Pustakawan yang Humanis dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan (Aktualisasi Diri) Di Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang: Humanist Library Personality In Improving Library Services (Self-Actualization) In Library Of University August 17,1945 Semarang. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i1.308

Mangapeng, R. E. F. (2016). Peranan Pengelola Perpustakaan Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Siswa SMP Negeri Empat Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12776

Poniarsih, N. (2019). PENGARUH TEORI THE BIG FIVE-PERSONALITY TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DIY. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(3), Article 3. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i3.1372

Risparyanto, A. (2017). PENGARUH KUALITAS LAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP LOYALITAS PEMUSTAKA DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PEMUSTAKA. UNILIB?: Jurnal Perpustakaan, 53–66. https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art5

Rosito, A. C. (2018). Eksplorasi Tipe Kepribadian Big Five Personality Traits Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 6. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.3250

Setyaningsih, K. (2016). PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/elidare.v2i2.920

Simanullang, T. (2021). PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN THE BIG FIVE MODEL PERSONALITY TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN KEUANGAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 747–753. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.634

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuningsih, P. (2019). Hubungan Kinerja Pustakawan dengan Kepuasan Pengguna Studi Kasus pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak. UNILIB?: Jurnal Perpustakaan. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10.iss2.art7

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Solehati, I., & Rusmiatiningsih, R. (2024). Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kinerja Pengelola Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Melalui Teori The Big Five Personality . Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 7(1), 61–74. https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3202

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check