Evaluasi Desain User Interface Website Perpustakaan Sekolah dengan Metode Heuristik

Penulis

  • Asyfiya Qurratal Jamilah UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Sri Rohyanti Zulaikha Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3160

Kata Kunci:

evaluasi heuristik, desain user interface, website perpustakaan, pengalaman pengguna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain user interface website Perpustakaan SMA Pesantren Unggulan (PU) Al-Bayan menggunakan metode heuristik. Evaluasi ini mencakup analisis terhadap navigasi, tampilan visual, aksesibilitas, serta kemudahan penggunaan. Metode heuristik yang digunakan melibatkan sepuluh prinsip desain yang diusulkan Jacob Nielsen untuk mengidentifikasi masalah dalam user interface dan memberikan rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website perpustakaan Al-Bayan memiliki beberapa aspek positif seperti umpan balik langsung, bahasa yang mudah dipahami, dan desain minimalis yang estetis. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti meningkatkan konsistensi umpan balik visual, validasi formulir untuk mencegah kesalahan input, dan peningkatan aksesibilitas submenu. Diharapkan rekomendasi ini akan membantu pengelola perpustakaan meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung proses pembelajaran siswa dengan lebih baik melalui akses informasi yang lebih mudah dan efisien.

Referensi

Achmadi, A., Junaedi, D., & Darwiyanto, E. (2017). Rekomendasi User Interface Pada Website Dikti Menggunakan Metode Goal Directed Design. Eproceedings Of Engineering, 4(3), 5063–5069.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Atashi, A., Khajouei, R., Azizi, A., & Dadashi, A. (2016). User Interface Problems of a Nationwide Inpatient Information System: A Heuristic Evaluation. Applied Clinical Informatics, 07(01), 89–100. https://doi.org/10.4338/ACI-2015-07-RA-0086

Dandi, M., & Atika, L. (2022). Analisis User Interface Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Terhadap Academic Management System Poltekkes Kemenkes Palembang. Jurnal Mantik, 6(03), 3216–3225. https://doi.org/10.35335/mantik.v6i3

Hidayat, A. N., & Yuhana, U. L. (2023). Evaluasi Desain Antarmuka Website Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 5(2), 108–117. https://doi.org/10.37631/jri.v5i2.944

Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86

Meta, M., & Kiki Rizky, N. W. (2022). Penerapan Metode Heuristic EvaluationPada Analisis User Interface WebsiteSimak Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Mantik, 6(03), 3207–3215. https://doi.org/10.35335/mantik.v6i3

Rifqi, H. K., & Aileena, S. C. R. E. C. (2023). Analisis Desain User Interface Pada Situs Web Dan Aplikasi Vidio. Askara?: Jurnal Seni dan Desain, 2(2), 98–108. https://doi.org/10.20895/askara.v2i2.1129

Robert, J. K. J. (2003). User interface. Encyclopedia of Computer Science, 1821–1826.

Salsabila, H., Masruri, A., & Sari, K. P. (2023). Analisis User Interface Pada Aplikasi Perpustakaan Digital iJakarta. Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA), 3(1).

Sulistiyono, M. (2017). Evaluasi Heuristic Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Laboratorium Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jurnal Ilmiah DASI?: Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 18(1), 37–43.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Jamilah, A. Q., & Zulaikha, S. R. (2024). Evaluasi Desain User Interface Website Perpustakaan Sekolah dengan Metode Heuristik. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 7(1), 18–31. https://doi.org/10.30999/n-jils.v7i1.3160

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check