STRATEGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SMA NEGERI SUMATERA SELATAN
Kata Kunci:
pengelola perpustakaanAbstrak
Strategi pengelola perpustakaan dalam meningkatkan
minat membaca siswa di SMA Negeri Sumatera
Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana minat baca siswa, dan bagaimana strategi
pengelola perpustakaan dalam meningkatkan minat
baca siswa di SMA Negeri Sumatera Selatan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu observasi, wawancara mendalam
dengan 13 informan, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang dilakukan yaitu dengan mereduksi
data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa minat baca siswa di
SMA Negeri Sumatera Selatan sudah tergolong baik
dilihat dari intensitas bacaan dan kuantitas bacaan
siswa SMA Negeri Sumatera Selatan dan strategi yang
dilakukan pengelola perpustakaan SMA Negeri
Sumatera Selatan dalam meningkatkan minat baca
siswa terdiri dari : 1.) Membaca 15 menit sebelum
belajar, 2.) Belajar di perpustakaan, 3.) Lomba
Perpustakaan, 4.) Lomba membuat artikel, 5.) Lomba
membuat Vlog.
Referensi
Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jurnal Acarya Pustaka, 2(1): 1-13. DOI: https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10099
Azizah, H. (2018). Peran Pustakawan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SMPN 2 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, IAIN Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/581/
Delvalina, D. (2017). TEKNIK DAN STRATEGI DALAM MEMBANGUN DAN MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI LINGKUNGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 1(2), 113-123. doi: https://doi.org/10.15548/jib.v1i2.16
Farhani, R. (2018). “Strategi Pengelola Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SMPN 10 Palembang”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/5033/
Fatimah, & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2): 108-113. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOWINANGUN 02 TERSONO BATANG. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 371–378. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634
Khaerawati, Z., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 637–643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521
Misroni. (2021). “Evaluasi Koleksi Menggunakan Metode Conspectus Bidang Bimbingan Konseling Di Perpustakaan STAIN Curup”. Tesis S2 Program Magister Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id/m/detail.jsp?id=20271626&lokasi=lokal
Neri, S. R. (2022) PERAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MIN 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10057/
Nofandra, M. I. (2023) STRATEGI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Skripsi, Universitas Negeri Lampung. http://digilib.unila.ac.id/70975/
Nurkhikmah, S. (2019). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MA Darul Muttaqien Kabupaten Bogor. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46046
Rahma, N. M. (2015). Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Jurnal Adminstrasi Publik, 3(5): 763-769. https://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/862
Rosalin, E. (2008). Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi. PT Kansa Mandiri Persada. Bandung.
Qalyubi, S., Dkk. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1): 26-31. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/12305
Yamawidura. (2018). Perumusan Strategi Pengembangan Berdasarkan Strategi QSPM (Studi Pada Perusahaan Persewaan Alat Pesta Yama). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2): 1-13. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5859
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Nusantara Journal of Information and Library Studies journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Nusantara Journal of Information and Library Studies and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Nusantara Journal of Information and Library Studies journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [copyright transfer form]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Rosiana Nurwa Indah (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung
Email: jils.uninus@gmail.com