STRATEGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SMA NEGERI SUMATERA SELATAN

Penulis

  • Muhammad Roihan Arda Pratama Pratama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Bety Bety Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Rusmiatiningsih Rusmiatiningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

Kata Kunci:

pengelola perpustakaan

Abstrak

Strategi pengelola perpustakaan dalam meningkatkan
minat membaca siswa di SMA Negeri Sumatera
Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana minat baca siswa, dan bagaimana strategi
pengelola perpustakaan dalam meningkatkan minat
baca siswa di SMA Negeri Sumatera Selatan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu observasi, wawancara mendalam
dengan 13 informan, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang dilakukan yaitu dengan mereduksi
data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa minat baca siswa di
SMA Negeri Sumatera Selatan sudah tergolong baik
dilihat dari intensitas bacaan dan kuantitas bacaan
siswa SMA Negeri Sumatera Selatan dan strategi yang
dilakukan pengelola perpustakaan SMA Negeri
Sumatera Selatan dalam meningkatkan minat baca
siswa terdiri dari : 1.) Membaca 15 menit sebelum
belajar, 2.) Belajar di perpustakaan, 3.) Lomba
Perpustakaan, 4.) Lomba membuat artikel, 5.) Lomba
membuat Vlog.

Referensi

Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jurnal Acarya Pustaka, 2(1): 1-13. DOI: https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10099

Azizah, H. (2018). Peran Pustakawan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SMPN 2 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, IAIN Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/581/

Delvalina, D. (2017). TEKNIK DAN STRATEGI DALAM MEMBANGUN DAN MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI LINGKUNGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 1(2), 113-123. doi: https://doi.org/10.15548/jib.v1i2.16

Farhani, R. (2018). “Strategi Pengelola Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SMPN 10 Palembang”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/5033/

Fatimah, & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2): 108-113. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOWINANGUN 02 TERSONO BATANG. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(3), 371–378. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Khaerawati, Z., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 637–643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521

Misroni. (2021). “Evaluasi Koleksi Menggunakan Metode Conspectus Bidang Bimbingan Konseling Di Perpustakaan STAIN Curup”. Tesis S2 Program Magister Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id/m/detail.jsp?id=20271626&lokasi=lokal

Neri, S. R. (2022) PERAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MIN 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10057/

Nofandra, M. I. (2023) STRATEGI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Skripsi, Universitas Negeri Lampung. http://digilib.unila.ac.id/70975/

Nurkhikmah, S. (2019). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MA Darul Muttaqien Kabupaten Bogor. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46046

Rahma, N. M. (2015). Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Jurnal Adminstrasi Publik, 3(5): 763-769. https://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/862

Rosalin, E. (2008). Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi. PT Kansa Mandiri Persada. Bandung.

Qalyubi, S., Dkk. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1): 26-31. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/12305

Yamawidura. (2018). Perumusan Strategi Pengembangan Berdasarkan Strategi QSPM (Studi Pada Perusahaan Persewaan Alat Pesta Yama). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2): 1-13. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5859

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Pratama, M. R. A. P., Bety, B., & Rusmiatiningsih, R. (2024). STRATEGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SMA NEGERI SUMATERA SELATAN. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 7(1), 113–123. Diambil dari https://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/3080

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check